PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIFITAS MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI TINGKAT SMP

MUHAMMAD NUR ROHMAN - Nama Orang;

Literasi sains adalah kemampuan yang sangat diperlukan di abad 21. Hal ini
berkaitan dengan kebutuhan yang wajib dikuasai saat ini. Literasi sains, dapat
disebut sebagai sebuah kemampuan untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk
mengidentifikasi pertanyaan dan menggambarkan ide pokok berdasarkan fakta
dengan tujuan untuk mendalami, membuat keputusan, serta mengubah alam lewat
aktifitas-aktifitas manusia. Melihat betapa pentingnya literasi sains, hal ini menjadi
latar belakang penelitian yang dilaksanakan. Pendekatan literasi sains yang
digunakan saat ini menggunakan inkuiri terbimbing dalam meningkatkan
kemampuan literasi sains. Inkuiri terbimbing diketahui dapat meningkatkan
kemampuan literasi sains dengan membantu siswa dalam meningkatkan
kemampuan dalam berpikir secara mandiri dan mencari sumber ilmiah dan
menyimpulkan gagasan untuk menjawab suatu permasalahan di lapangan. Desain
penelitian berbasis kuantitatif, quasi-experiment (non-equivalent kontrol group
design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A sebagai
kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa soal essay yang berjumlah 6 soal yang telah diuji kevalidannya
dan reliabilitasnya. Hasil uji independent sample t test menunjukkan 0,089 > 0,05
hal ini mengindikasikan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara kedua kelas.
Hasil nilai n-gain pada kelas eksperimen adalah 0,26 kategori rendah, kemudian
pada nilai hasil n-gain kelas kontrol adalah 0,18 kategori rendah. Dapat
disimpulkan bahwa pada penelitian ini model inkuiri terbimbing kurang efektif
dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi pesawat
sederhana.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA ROH E 2025
107-UN57.U1-SI-X-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ROH E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XII;171 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?