Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN BANTUAN MEDIA QUIZIZ DALAM MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII
Keterampilan menulis merupakan salah satu kompetensi yang perlu
dikembangkan pada setiap jenjang pendidikan. Akan tetapi, pembelajaran menulis
puisi masih menghadapi berbagai hambatan, antara lain keterbatasan metode dan
media pembelajaran yang mendukung. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap
proses peserta didik dalam menuangkan ide, pikiran, dan perasaan secara tertulis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan
kemampuan menulis puisi peserta didik yang belajar menggunakan metode Student
Team Achievement Division (STAD) dengan bantuan media Quiziz dan peserta
didik yang menggunakan metode konvensional. Tujuan yang kedua yaitu
mengetahui efektivitas metode Student Team Achievement Division (STAD)
dengan bantuan media Quiziz dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik
kelas VIII SMP.
Metode dan desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan desain quasi-experimental berbentuk nonequivalent control group design.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Grabag sebanyak
190 orang, dengan sampel 62 peserta didik. Data dikumpulkan melalui tes berupa
pretest dan posttest dan diuji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas.
Tidak tersedia versi lain