PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH APRESIASI SASTRA TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS BERAPRESIASI SASTRA SISWA KELAS III SMA NEGERI I MAGELANG

Y. SARYANTO HADI - Nama Orang;

ABSTRAKSI
Kegiatan penelitian ini bertujuan, (1) memperoleh gambaran tingkat pengetahuan dan apresiasi sastra siswa; (2) memperoleh bukti bahwa penguasaan pengetahuan dan apresiasi itu berpengaruh terhadap pengembangan kreativitas dalam berapresiasi sastra. Oleh karena itu pembahasannya didasarkan pada dua teori, yakni teori apresiasi sastra dengan model pengajarannya, dan teori kreativitas.

Teori apresiasi sastra yang digunakan sebagai landasan pemikiran adalah teori yang dikemukakan oleh Leslie Strata yang dikenal dengan tiga langkah pokok strategi strata. Ketiganya adalah, (a) penjelajahan, (b) interpretasi, dan (c) rekreasi. Sedangkan teori kreativitas yang digunakan adalah teori yang dikemukakan oleh Prof. Utami Munandar, bahwa kreativitas tidak selalu berkorelasi positif dengan tingkat kecerdasan, artinya orang yang cerdas belum tentu kreatif. Akan tetapi ada kemungkinan bahwa orang kreatif biasanya cerdas.

Dengan landasan pemikiran inilah, peneliti mencoba menerapkan, benarkah kreativitas bisa berkembang melalui penciptaan suasana pengajaran yang baik? Apakah sistem pengajaran yang diterapkan bisa mendukung daya kreativitas siswa dalam berapresiasi sastra? Dengan menerapkan kerangka teori tersebut di atas, diperoleh data dari siswa kelas III SMA Negeri I Magelang sebanyak 200 siswa, yang berarti 68% dari populasi sebanyak 290 siswa yang dibagi 7 kelas.

Dari hasil penelitian diperoleh gambaran, bahwa kadar penguasaan pengetahuan dan apresiasi sastra mendapatkan nilai dalam kategori tinggi 4%, cukup 88%, sedang 8%, dan kategori rendah tidak ada. Sedang kadar pengembangan kreativitas yang didasarkan pada pengapresiasian sastra didapatkan nilai dalam kategori tinggi 39 %, cukup 60, sedang 1%, dan kategori rendah tidak ada.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA HAD P
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 1994
Deskripsi Fisik
X; 82 HAL; 29.5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?