Text
SKRIPSI PENGARUH APRESIASI SASTRA TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS BERAPRESIASI SASTRA SISWA KELAS III SMA NEGERI I MAGELANG
              ABSTRAKSI
Kegiatan penelitian ini bertujuan, (1) memperoleh gambaran tingkat pengetahuan dan apresiasi sastra siswa; (2) memperoleh bukti bahwa penguasaan pengetahuan dan apresiasi itu berpengaruh terhadap pengembangan kreativitas dalam berapresiasi sastra. Oleh karena itu pembahasannya didasarkan pada dua teori, yakni teori apresiasi sastra dengan model pengajarannya, dan teori kreativitas.
Teori apresiasi sastra yang digunakan sebagai landasan pemikiran adalah teori yang dikemukakan oleh Leslie Strata yang dikenal dengan tiga langkah pokok strategi strata. Ketiganya adalah, (a) penjelajahan, (b) interpretasi, dan (c) rekreasi. Sedangkan teori kreativitas yang digunakan adalah teori yang dikemukakan oleh Prof. Utami Munandar, bahwa kreativitas tidak selalu berkorelasi positif dengan tingkat kecerdasan, artinya orang yang cerdas belum tentu kreatif. Akan tetapi ada kemungkinan bahwa orang kreatif biasanya cerdas.
Dengan landasan pemikiran inilah, peneliti mencoba menerapkan, benarkah kreativitas bisa berkembang melalui penciptaan suasana pengajaran yang baik? Apakah sistem pengajaran yang diterapkan bisa mendukung daya kreativitas siswa dalam berapresiasi sastra? Dengan menerapkan kerangka teori tersebut di atas, diperoleh data dari siswa kelas III SMA Negeri I Magelang sebanyak 200 siswa, yang berarti 68% dari populasi sebanyak 290 siswa yang dibagi 7 kelas.
Dari hasil penelitian diperoleh gambaran, bahwa kadar penguasaan pengetahuan dan apresiasi sastra mendapatkan nilai dalam kategori tinggi 4%, cukup 88%, sedang 8%, dan kategori rendah tidak ada. Sedang kadar pengembangan kreativitas yang didasarkan pada pengapresiasian sastra didapatkan nilai dalam kategori tinggi 39 %, cukup 60, sedang 1%, dan kategori rendah tidak ada.            
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain