0,304 dalam tarap signifikansi 0,05. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan tolak Ho. Simpulan dari sampel itu berlaku pada populasi dengan bukti besar sampel 35,6% > 25%. Ketiga, dengan teknik prediksi antara variabel kemampuan membaca pemahaman dan prestasi belajar IPS menunjukkan 0,189. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasilnya positif berarti jika kemampuan" />
Text
SKRIPSI PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR SELUGUS DIPONEGORO KALIANGKRIK MAGELANG
Mukanawatun NPM 00102672 "l'engaruh Kemampuaт Метва Ретайuman terhadap Prestası Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolult Dasar se Gogia Diponegoro Kaliangkrik Magelang
Penelitian dilatarbelakangı kenyataan bahwa kegemaran membaca dan belajar masih memerlukan peningkatan Masalahnya adalah berapa kadar kemampuan membaca pemahaman dan prestasi belajar IPS, berapa pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VI SD Tujuan penelitian, mendeskripsikan kadar kemampuan membaca pemahaman dan pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap prestası belajar IPS siswa keles VI SD
Teori membaca pemahaman dan teorn belajar IPS dalam teori interaksi belajar mengajar digunakan untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan tersebut. Data yang diperlukan adalah data skor atau angka-angka yang berisi kemampuan membaca pemahaman dan prestasi belajar IPS Tempat penelitian di Gugus Diponegoro Kaliangkrik. Populasi 146 siswa dan sampel 40 responden Metode dan teknik sampling dengan proporsional random sampling Instrumen untuk mengambil data test dan pengutipan dokumen Pengolahan data dengan metode dan teknik kuantitatif statistik diskriptif dan asosiatip serta regresi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) menunjukkan kadar kemampuan membaca pemahaman dan prestası belajar IPS, (2) pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar IPS, dan (3) prediksi naik turunnya kemampuan membaca pemahaman dan prestasi belajar IPS sebagai berikut Pertama, ketuntasan kemampuan membaca pemahaman 66,875 berarti secara populasi terbukti tuntas dengan 17 n. 75 ≤ 88=42,5%, 20n, 50 < 74 = 50%, 3n 37 < 49 = 7,5% Ketuntasan kemampuan prestasi belajar IPS 68,700 berarti secara populasi tuntas dengan 16n, 755 < 85 = r0%, 22n, 50 ≤ 75 - 55%, dan 2n 45 < 49 = 5%. Hal tersebut dibuktikan bahwa soal telah diujicobakan telah memenuhi validitas, dari 25 butir terdapat 23 buter sahih dan 2 butir gugur. Sedangkan, reliabiltas sebesar rtt 0,928 dan dinyatakan andal Kedua, hubungan antara lemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar IPS menunjukkan koefisien korelası (rxy) sebesar 0,434 Hal tersebut menunjukkan bahwa hubungan positif dalam rata-rata yang searah antara kadar kemampuan membaca pemahaman dan prestasi belajar IPS yang dalam ukuran tuntas baik secara individu maupun kelompok. Koefisien korelası (rxy) sebesar 0,434 berarti ro rt, 0,393 < 0,434 dengan n (40-2) dalam tarap signifikansi 0,01 dan ro : rt. 0,434 > 0,304 dalam tarap signifikansi 0,05. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan tolak Ho. Simpulan dari sampel itu berlaku pada populasi dengan bukti besar sampel 35,6% > 25%. Ketiga, dengan teknik prediksi antara variabel kemampuan membaca pemahaman dan prestasi belajar IPS menunjukkan 0,189. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasilnya positif berarti jika kemampuan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain