Text
SKRIPSI ANALISIS LOKASI RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN PARAMETER PERLENGKAPAN JALAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)
Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Kota Magelang menjadi permasalahan serius bagi keselamatan jalan. Berdasarkan data Satlantas Polres Kota Magelang, dalam kurun waktu 2020–2024 tercatat ratusan kejadian kecelakaan dengan korban jiwa, lukaluka, serta kerugian material signifikan. Sejalan dengan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi lokasi rawan kecelakaan lalu lintas di Kota Magelang, menganalisisnya berdasarkan parameter perlengkapan jalan, serta menyajikan hasilnya dalam bentuk peta digital. Metode penelitian yang digunakan meliputi perhitungan nilai AEK > UCL untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan serta pembobotan perlengkapan jalan mengacu pada Panduan Penempatan Fasilitas Perlengkapan Jalan (Departemen Perhubungan, 2006) dan peraturan terkait. Sistem Informasi Geografis (SIG) melalui perangkat lunak QGIS untuk memvisualisasikan daerah rawan dalam bentuk peta digital. Hasil penelitian menunjukkan terdapat sepuluh lokasi dengan tingkat risiko kecelakaan tertinggi, di antaranya Jalan Ahmad Yani, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Sultan Agung, Jalan Gatot Subroto, Jalan Pahlawan, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Beringin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Tentara Pelajar, dan Jalan Pangeran Diponegoro. Perbedaan urutan lokasi rawan ditemukan antara hasil metode AEK - UCL dan pembobotan perlengkapan jalan. Beberapa ruas jalan memperoleh nilai pembobotan tinggi karena kondisi perlengkapan jalan yang tidak lengkap, tidak sesuai ketentuan, atau kurang terlihat. Peta digital yang dihasilkan mampu menyajikan informasi mengenai lokasi jalan rawan kecelakaan beserta kondisi aktual fasilitas perlengkapan jalan pada setiap ruas yang dianalisis.
Tidak tersedia versi lain