Text
SKRIPSI PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG KOPI KENANGAN DI KOTA DAN KABUPATEN MAGELANG
ABSTRAK
Keputusan pembelian ulang merupakan aspek krusial bagi perkembangan, pertumbuhan, dan keberlangsungan hidup perusahaan. Keputusan pembelian ulang juga menjadi indikator penting dalam mencapai kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kopi Kenangan sebagai perusahaan kopi lokal mampu bersaing dengan berbagai merek kopi lainnya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian ulang Kopi Kenangan di Kota dan Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang sudah pernah membeli Kopi Kenangan minimal sebanyak dua kali. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang; (2) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang; (3) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang; serta (4) secara simultan harga, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang. Temuan pada penelitian ini dapat memberikan kontribusi secara teoritis dalam memperkaya kajian ilmu manajemen pemasaran dan memperkuat penerapan Theory Planned of Behaviour serta memberikan rekomendasi praktis bagi perusahaan Kopi Kenangan untuk meningkatkan aspek harga, promosi, dan kualitas pelayanan agar dapat meningkatkan keputusan pembelian ulang pelanggan.
Kata kunci: harga, promosi, kualitas pelayanan, keputusan pembelian ulang
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain