Text
SKRIPSI PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SOMETHINC DI APLIKASI E-COMMERCE (STUDI PADA PENGGUNA PRODUK SOMETHINC DI MAGELANG)
ABSTRAK
Di era digital yang semakin berkembang pesat telah membawa perubahan yang cukup besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam cara masyarakat memenuhi kebutuhan dan gaya hidup mereka. Salah satu dampak paling nyata terlihat dalam kebiasaan berbelanja, di mana transaksi secara daring melalui ecommerce semakin diminati oleh berbagai kalangan, terutama generasi muda. kemudahan akses, variasi produk, hingga efisiensi waktu menjadi alasan mengapa platform digital kini menjadi pilihan utama dalam proses pembelian.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi media sosial terhadap keputusan pembelian produk Somethinc melalui aplikasi ecommerce. Latar belakang penelitian ini didasari oleh perkembangan pesat industri kecantikan di Indonesia yang ditunjang dengan meningkatnya tren belanja online, khususnya pada generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi masyarakat Magelang yang memiliki pernah menggunakan atau membeli produk Somethinc di aplikasi e-commerce. Sampel sebanyak 100 responden dipilih menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diukur dengan skala Likert dan pengujian data dilakukan dengan menggunakan Uji Asumsi Klasik dan Uji Regresi Linear Berganda menggunakan alat olah data SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa Somethinc perlu meningkatkan kualitas produk dan memperkuat promosi media sosial untuk mendorong keputusan pembelian, serta tetap menjaga kesesuaian harga dengan kualitas agar mampu bersaing di industri skincare.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi Media Sosial, Keputusan Pembelian
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain