Text
SKRIPSI PARTICIPATORY CULTURE PADA AKUN @ANIESBUBBLE DI MEDIA SOSIAL X
ABSTRAK
PARTICIPATORY CULTURE PADA AKUN @ANIESBUBBLE DI MEDIA SOSIAL X
Nabilla Fitria Septiani, Prinisia Nurul Ikasari, Lintang Citra Christiani
Fenomena munculnya akun @aniesbubble di media sosial X memperlihatkan bagaimana pop culture K-pop diadaptasi ke dalam ranah politik melalui komunikasi digital. Akun ini menjadi ruang bagi khalayak, khususnya penggemar budaya Korea, untuk mengekspresikan dukungan terhadap calon presiden Anies Baswedan pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 dengan gaya kreatif khas fandom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana participatory culture terjadi pada akun @aniesbubble di media sosial X. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian berjumlah tiga orang dan dipilih melalui purposive sampling yang terdiri dari pengelola utama akun dan dua kontributor aktif yang terlibat pada project HaveAniesDay.com. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi proses data condensation, data display, dan verifying conclusions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik participatory culture yang terjadi pada akun @aniesbubble terlihat melalui empat bentuk utama menurut Henry Jenkins, yakni affiliations, expressions, collaborative problem-solving, dan circulations. Partisipasi yang terbentuk bersifat fasilitatif, di mana khalayak dapat berpartisipasi dalam produksi hingga distribusi konten melalui ruang digital yang disediakan pengelola akun sebagai inisiator dari gerakan akar rumput. Adaptasi Korean Wave sebagai pop culture memperkuat ikatan emosional antarpengikut dan membentuk kerjasama kreatif yang memperlihatkan transformasi komunikasi berbasis akar rumput di media sosial.
Kata Kunci: Participatory Culture, Pop Culture, Komunikasi Politik, Media Sosial, @aniesbubble
Tidak tersedia versi lain