Text
SKRIPSI ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DALAM KONTEN YOUTUBE TIRTA PENGPENGPENG PROGRAM #SUARATIRTA : MITOS DAN FAKTA KESEHATAN
ABSTRAK
(Muhamad Arda Maftuh, 2025)
ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DALAM KONTEN YOUTUBE TIRTA PENGPENGPENG PROGRAM #SUARATIRTA : MITOS DAN FAKTA KESEHATAN
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Konten #SuaraTirta Mitos dan Fakta Kesehatan merupakan salah satu program yang diproduksi oleh kanal YouTube Tirta PengPengPeng sebagai wajah baru dan bentuk inovasi dalam menyampaikan informasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat di era digital. Konten ini menghadirkan dr. Tirta sebagai komunikator utama yang menjawab berbagai pertanyaan dan mitos kesehatan yang beredar di masyarakat melalui pendekatan yang komunikatif, spontan, serta mudah dipahami oleh khalayak luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi dan strategi kreatif yang diterapkan oleh tim kreatif YouTube Tirta PengPengPeng dalam merancang, memproduksi, dan mendistribusikan konten Mitos dan Fakta Kesehatan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi tahapan strategi komunikasi yang meliputi penetapan komunikator, penentuan target audiens, penyusunan pesan, pemilihan media dan saluran komunikasi, serta proses evaluasi dan monitoring pascaproduksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilaksanakan tim YouTube Tirta PengPengPeng dimulai dari konten yang spontan tanpa naskah, pemanfaatan nitizen dan komentar sebagai konten yang berbasis edutainment, hingga segmentasi yang general namun bisa mendapatkan interaksi yang tinggi. Terdapat juga penentuan pesan yang dapat menjadi hook sangar berpengaruh untuk menarik penonton. Selain itu, penerapan gaya komunikasi yang natural dan interaktif oleh dr. Tirta berhasil membangun kepercayaan audiens serta meningkatkan efektivitas penyampaian pesan kesehatan di platform digital.
Kata kunci : dr. Tirta, konten kesehatan, Strategi komunikasi, Strategi kreatif, YouTube
Tidak tersedia versi lain