Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI TEKS DESKRIPSI DALAM KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (PENELITIAN EKSPERIMEN KUASI DI KELAS VII SMPN 4 KOTA MAGELANG
Kemampuan berpikir analitik, sintetik, dan evaluatif akan lebih selektif menerima
informasi, sehingga mampu memecahkan permasalahan secara optimal.
Berdasarkan hasil pengujian awal peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Kota
Magelang menunjukan bahwa keterampilan berpikir kritis masuk dalam kategori
kurang.
Tujuan penelitian ialah untuk menelaah sejauh mana model pembelajaran
Problem Solving berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini
dapat dimanfaatkan sebagai pembanding kelas yang menerima model pembelajaran
Problem Solving dengan kelas yang mendapat perlakuan dengan model
pembelajaran Project-Based Learning (PJBL).
Metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen kuasi
bentuk nonequivalent control group design. Sample penelitian menggunakan
purposive sampling, sehingga menghasilkan masing-masing 32 orang pada kelas
eksperimen maupun kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat perlakuan model
pembelajaran Problem Solving, sedangkan kelas kontrol menerapkan model
pembelajaran Project-Based Learning (PJBL). Instrumen penelitian ini ialah
lembar observasi, lembar wawancara, dan tes.
Tidak tersedia versi lain