PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KESANTUNAN BERBAHASA PADA FILM KETIKA BERHENTI DI SINI DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MODUL AJAR TEKS DRAMA DI SMA

KURNIA FERRA ADDINI - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kesantunan berbahasa dalam
interaksi sosial sebagai cerminan sikap saling menghargai antara penutur dan mitra
tutur. Dalam konteks pendidikan, pemahaman mengenai kesantunan berbahasa
perlu diterapkan dalam pembelajaran bahasa, salah satunya melalui teks drama pada
dialog dan nilai sosial. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk
pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa yang terdapat pada film
Ketika Berhenti di Sini karya Umay Shahab serta mengimplementasikan hasil
temuan sebagai model pembelajaran teks drama di SMA. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode padan. Data berupa
tuturan para tokoh dalam film dianalisis menggunakan teori prinsip kesantunan
Leech (1983) yang mencakup enam maksim, yaitu maksim kebijaksanaan,
kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, pemufakatan, kesimpatian, serta tiga
skala
kesantunan,
yaitu
skala
kerugian-keuntungan,
pilihan,
dan
ketidaklangsungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film tersebut
ditemukan sebanyak 56 bentuk pematuhan dan pelanggaran maksim, 26 data
pematuhan, 23 data pelanggaran, dan 3 skala kesantunan berbahasa menurut Leech
(1983). Implementasi hasil penelitian diwujudkan dalam bentuk modul ajar teks
drama kelas IX SMA berbasis Kurikulum Merdeka yang menekankan penerapan
nilai-nilai kesantunan dalam penulisan dan pementasan naskah drama. Berdasarkan
hasil penelitian, disarankan agar pendidik dapat memanfaatkan karya sastra seperti
film sebagai bahan ajar yang kontekstual dan menarik untuk meningkatkan
pemahaman siswa terhadap penggunaan bahasa yang santun, baik dalam
komunikasi sehari-hari maupun dalam pembelajaran teks sastra.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi INDONESIA ADD K 2025
124-UN57.U1-SIN-XI-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA ADD K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;170 HLM;29 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?