Text
SKRIPSI PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAKIS KABUPATEN MAGELANG
Keterampilan menulis merupakan kemampuan yang harus dikuasai peserta didik di
setiap jenjang pendidikan. Namun, kenyataannya pembelajaran menulis puisi masih
menghadapi berbagai permasalahan, salah satunya keterbatasan pendidik menerapkan
metode pembelajaran menulis puisi yang kurang inovatif dan tepat, sehingga berdampak
pada rendahnya keterampilan menulis puisi peserta didik. Kondisi ini menyebabkan
peserta didik mengalami kesulitan dalam merangkai kata, menuangkan ide, serta memilih
diksi yang sesuai dengan tema. Selain itu, rendahnya minat membaca, kurangnya
motivasi belajar, serta kurangnya kerja sama antarpeserta didik semakin memperparah
permasalahan tersebut. Oleh sebab itu, metode Student Teams Achievement Division
(STAD) dan Jigsaw dapat diterapkan sebagai alternatif metode pembelajaran untuk
meningkatkan keterampilan menulis puisi.
Tujuan penelitian ini yaitu, (1) membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan
pada keterampilan menulis puisi peserta didik sebelum dan setelah perlakuan
menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division
(STAD). (2) membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada keterampilan
menulis puisi peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan metode
pembelajaran kooperatif tipe kooperatif tipe Jigsaw. (3) Untuk menemukan pengaruh
yang paling signifikan antara penggunaan metode Student Teams Achievement Division
(STAD) dan Jigsaw dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik.
Penelitian ini menggunakan desain Pretest and Posttest Control Group Design.
Sampel penelitian terdiri atas 62 peserta didik dengan teknik purposive sampling.
Instrumen penelitian meliputi tes keterampilan menulis puisi yang diberikan perlakuan
pretest dan post
Tidak tersedia versi lain