PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAKIS KABUPATEN MAGELANG

IMAM SUHARNO - Nama Orang;

Keterampilan menulis merupakan kemampuan yang harus dikuasai peserta didik di
setiap jenjang pendidikan. Namun, kenyataannya pembelajaran menulis puisi masih
menghadapi berbagai permasalahan, salah satunya keterbatasan pendidik menerapkan
metode pembelajaran menulis puisi yang kurang inovatif dan tepat, sehingga berdampak
pada rendahnya keterampilan menulis puisi peserta didik. Kondisi ini menyebabkan
peserta didik mengalami kesulitan dalam merangkai kata, menuangkan ide, serta memilih
diksi yang sesuai dengan tema. Selain itu, rendahnya minat membaca, kurangnya
motivasi belajar, serta kurangnya kerja sama antarpeserta didik semakin memperparah
permasalahan tersebut. Oleh sebab itu, metode Student Teams Achievement Division
(STAD) dan Jigsaw dapat diterapkan sebagai alternatif metode pembelajaran untuk
meningkatkan keterampilan menulis puisi.
Tujuan penelitian ini yaitu, (1) membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan
pada keterampilan menulis puisi peserta didik sebelum dan setelah perlakuan
menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division
(STAD). (2) membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada keterampilan
menulis puisi peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan metode
pembelajaran kooperatif tipe kooperatif tipe Jigsaw. (3) Untuk menemukan pengaruh
yang paling signifikan antara penggunaan metode Student Teams Achievement Division
(STAD) dan Jigsaw dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik.
Penelitian ini menggunakan desain Pretest and Posttest Control Group Design.
Sampel penelitian terdiri atas 62 peserta didik dengan teknik purposive sampling.
Instrumen penelitian meliputi tes keterampilan menulis puisi yang diberikan perlakuan
pretest dan post


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi INDONESIA SUH P 2025
127-UN57.U1-SIN-XI-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA SUH P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIX;226 HLM;29 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?