Text
SKRIPSI PERSPEKTIF FEMINIS DALAM NASKAH DRAMA “JENG MENUL” KARYA PUTHUT BUCHORI: ANALISIS GENDER DAN STEREOTIPE PEREMPUAN SERTA PEMBUATAN MODUL AJAR UNTUK IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS XI
Penelitian ini menganalisis isu ketidakadilan gender dan resistensi
perempuan dalam naskah drama “Jeng Menul” karya Puthut Buchori melalui
perspektif feminisme Mansour Fakih. Karya sastra ini berperan sebagai
medium kritik sosial terhadap struktur masyarakat patriarkal. Penelitian ini
bertujuan mengidentifikasi isu perempuan, menganalisis resistensi tokoh
Jeng Menul melalui praktik ekonomi mandiri, dan mengembangkan modul
ajar responsif gender untuk pembelajaran sastra di SMA kelas 11 Kurikulum
Merdeka. Menggunakan metode deskriptif-kualitatif, data berupa dialog dan
adegan yang mencerminkan ketidakadilan gender dianalisis berdasarkan lima
bentuk ketidakadilan menurut Mansour Fakih: marginalisasi, subordinasi,
stereotipe, kekerasan, dan beban kerja ganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa naskah drama “Jeng Menul” mengandung kelima bentuk ketidakadilan
gender tersebut, seperti stereotipe negatif terhadap Jeng Menul, marginalisasi
usahanya, serta kekerasan verbal dan psikologis. Resistensi ditunjukkan
melalui kemandirian ekonomi dan kritik verbal tokoh Jeng Menul.
Disimpulkan bahwa ketidakadilan gender dalam naskah ini merefleksikan
realitas sosial yang relevan dan resistensi perempuan menegaskan perjuangan
mereka untuk pengakuan dan keadilan. Implikasi pedagogisnya adalah
pengembangan modul ajar responsif gender di SMA untuk membangun
kesadaran kritis terhadap isu ketidakadilan gender.
Tidak tersedia versi lain