PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PERSPEKTIF FEMINIS DALAM NASKAH DRAMA “JENG MENUL” KARYA PUTHUT BUCHORI: ANALISIS GENDER DAN STEREOTIPE PEREMPUAN SERTA PEMBUATAN MODUL AJAR UNTUK IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS XI

AYUNING SEKAR GITANTY - Nama Orang;

Penelitian ini menganalisis isu ketidakadilan gender dan resistensi
perempuan dalam naskah drama “Jeng Menul” karya Puthut Buchori melalui
perspektif feminisme Mansour Fakih. Karya sastra ini berperan sebagai
medium kritik sosial terhadap struktur masyarakat patriarkal. Penelitian ini
bertujuan mengidentifikasi isu perempuan, menganalisis resistensi tokoh
Jeng Menul melalui praktik ekonomi mandiri, dan mengembangkan modul
ajar responsif gender untuk pembelajaran sastra di SMA kelas 11 Kurikulum
Merdeka. Menggunakan metode deskriptif-kualitatif, data berupa dialog dan
adegan yang mencerminkan ketidakadilan gender dianalisis berdasarkan lima
bentuk ketidakadilan menurut Mansour Fakih: marginalisasi, subordinasi,
stereotipe, kekerasan, dan beban kerja ganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa naskah drama “Jeng Menul” mengandung kelima bentuk ketidakadilan
gender tersebut, seperti stereotipe negatif terhadap Jeng Menul, marginalisasi
usahanya, serta kekerasan verbal dan psikologis. Resistensi ditunjukkan
melalui kemandirian ekonomi dan kritik verbal tokoh Jeng Menul.
Disimpulkan bahwa ketidakadilan gender dalam naskah ini merefleksikan
realitas sosial yang relevan dan resistensi perempuan menegaskan perjuangan
mereka untuk pengakuan dan keadilan. Implikasi pedagogisnya adalah
pengembangan modul ajar responsif gender di SMA untuk membangun
kesadaran kritis terhadap isu ketidakadilan gender.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi INDONESIA GIT P 2025
121-UN57.U1-SIN-XI-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA GIT P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XII;94 HLM;29 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?