Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL MENULIS TEKS RESENSI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN HEYZINE FLIPBOOK BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MAGELANG
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada observasi awal yang menunjukkan
kurangnya bahan ajar pada materi teks resensi. Hal ini disebabkan oleh penggunaan
bahan ajar utama yang terbatas pada buku terbitan pemerintah Kurikulum Merdeka.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan awal pengembangan
bahan ajar bermuatan kearifan lokal, prinsip pengembangan bahan ajar bermuatan
kearifan lokal, serta menghasilkan desain dan kelayakan bahan ajar bermuatan
kearifan lokal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and
Development (RnD) yang terdiri dari lima tahap antara lain; potensi serta masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, angket, dan studi dokumen. Adapun teknik analisis data menggunakan
metode kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya siswa membutuhkan bahan ajar
tambahan yang dapat mendukung keterampilan menulis teks resensi sekaligus
terintegrasi dengan kearifan lokal untuk memudahkan pemahaman peserta didik.
Prinsip pengembangan yang digunakan dalam membuat e-modul pembelajaran
yaitu prinsip KLIK (Kekinian, Lokal, Interaktif, Kebutuhan). Desain produk berupa
e-modul pada materi ajar menulis teks resensi bermuatan kearifan lokal
menggunakan heyzine flipbook dengan berpedoman pada teori dan hasil analisis
kebutuhan guru dan siswa di SMA Negeri 5 Magelang. Adapun hasil validasi ahli
materi dan media memperoleh persentase rata-rata sebesar 95.31%. Berdasarkan
hasil data kriteria tersebut dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan bahan
ajar berupa E-Modul Menulis Teks Resensi Bermuatan Kearifan Lokal
Menggunakan Heyzine Flipbook layak digunakan sebagai sumber belajar
tambahan.
Tidak tersedia versi lain