PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL MENULIS TEKS RESENSI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN HEYZINE FLIPBOOK BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MAGELANG

HANIFAH KHOIRUL KHASANAH - Nama Orang;

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada observasi awal yang menunjukkan
kurangnya bahan ajar pada materi teks resensi. Hal ini disebabkan oleh penggunaan
bahan ajar utama yang terbatas pada buku terbitan pemerintah Kurikulum Merdeka.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan awal pengembangan
bahan ajar bermuatan kearifan lokal, prinsip pengembangan bahan ajar bermuatan
kearifan lokal, serta menghasilkan desain dan kelayakan bahan ajar bermuatan
kearifan lokal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and
Development (RnD) yang terdiri dari lima tahap antara lain; potensi serta masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, angket, dan studi dokumen. Adapun teknik analisis data menggunakan
metode kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya siswa membutuhkan bahan ajar
tambahan yang dapat mendukung keterampilan menulis teks resensi sekaligus
terintegrasi dengan kearifan lokal untuk memudahkan pemahaman peserta didik.
Prinsip pengembangan yang digunakan dalam membuat e-modul pembelajaran
yaitu prinsip KLIK (Kekinian, Lokal, Interaktif, Kebutuhan). Desain produk berupa
e-modul pada materi ajar menulis teks resensi bermuatan kearifan lokal
menggunakan heyzine flipbook dengan berpedoman pada teori dan hasil analisis
kebutuhan guru dan siswa di SMA Negeri 5 Magelang. Adapun hasil validasi ahli
materi dan media memperoleh persentase rata-rata sebesar 95.31%. Berdasarkan
hasil data kriteria tersebut dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan bahan
ajar berupa E-Modul Menulis Teks Resensi Bermuatan Kearifan Lokal
Menggunakan Heyzine Flipbook layak digunakan sebagai sumber belajar
tambahan.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi INDONESIA KHA P 2025
118-UN57.U1-SIN-XI-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA KHA P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XX;217 HL,;29 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?