Text
SKRIPSI TINDAK TUTUR PERSUASIF PENJUAL KOSMETIK DALAM PESAN OTOMATIS SHOPEE DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan pesan otomatis oleh penjual kosmetik yang tidak hanya bersifat informatif, tetapi juga dapat memengaruhi tindakan pembeli melalui strategi kebahasaan yang digunakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur persuasif dan menganalisis strategi tindak tutur persuasif yang digunakan oleh penjual kosmetik dalam pesan otomatis Shopee, serta mengimplementasikannya sebagai bahan ajar kalimat persuasif SMP. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode simak dan teknik catat. Analisis data dilakukan menggunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu (PUP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima bentuk tindak tutur persuasif yang ditemukan, yaitu asertif, direktif, deklaratif, ekspresif, dan komisif. Bentuk paling dominan yang digunakan adalah direktif. Bentuk tindak tutur ini digunakan untuk mengarahkan pembeli melakukan suatu tindakan tertentu. Selain itu, ditemukan tiga strategi tindak tutur persuasif, yaitu TTLa, TTTLa, dan TTLi. Strategi yang paling banyak digunakan penjual khususnya kategori Shopee Mall adalah TTTLa. Temuan ini menunjukkan bahwa pesan otomatis tidak hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi bisnis, tetapi juga dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran untuk memperkenalkan kalimat persuasif yang dekat dan dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
Tidak tersedia versi lain