Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI PIKTOCHART SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS IKLAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRUMBUNG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah pada
materi menulis teks iklan. Hasil belajar tersebut dapat dilihat berdasarkan nilai yang
diperoleh siswa, sebagian besar siswa hanya memeroleh nilai sesuai Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM). Permasalahan tersebut disebabkan oleh penggunaan
media pembelajaran yang masih terbatas sehingga siswa kurang minat terhadap
pembelajaran menulis teks iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana keterampilan menulis teks iklan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1
Srumbung dengan mengimplementasikan media Piktochart dan mengetahui
bagaimana dampak dalam proses pembelajaran menulis teks iklan peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung dengan mengimplementasikan media
Piktochart. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes praktik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru
dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung. Keabsahan data diuji menggunakan
triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis datanya
mencakup tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media Piktochart sebagai media
pembelajaran menulis teks iklan kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung secara
keseluruhan berhasil meningkatkan keterampilan menulis siswa. Berdasarkan hasil
penelitian, terdapat 10 siswa yang memperoleh nilai 90, 13 siswa memperoleh nilai
85 dan 9 siswa memperoleh nilai 80. Adapun nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 85.
Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan guru dalam memanfaatkan
media pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi
yang kurang diminati.
Tidak tersedia versi lain