PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI IMPLEMENTASI PIKTOCHART SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS IKLAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRUMBUNG

ISNA FAJRIYATI - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah pada
materi menulis teks iklan. Hasil belajar tersebut dapat dilihat berdasarkan nilai yang
diperoleh siswa, sebagian besar siswa hanya memeroleh nilai sesuai Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM). Permasalahan tersebut disebabkan oleh penggunaan
media pembelajaran yang masih terbatas sehingga siswa kurang minat terhadap
pembelajaran menulis teks iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana keterampilan menulis teks iklan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1
Srumbung dengan mengimplementasikan media Piktochart dan mengetahui
bagaimana dampak dalam proses pembelajaran menulis teks iklan peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung dengan mengimplementasikan media
Piktochart. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes praktik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru
dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung. Keabsahan data diuji menggunakan
triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis datanya
mencakup tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media Piktochart sebagai media
pembelajaran menulis teks iklan kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung secara
keseluruhan berhasil meningkatkan keterampilan menulis siswa. Berdasarkan hasil
penelitian, terdapat 10 siswa yang memperoleh nilai 90, 13 siswa memperoleh nilai
85 dan 9 siswa memperoleh nilai 80. Adapun nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 85.
Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan guru dalam memanfaatkan
media pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi
yang kurang diminati.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi INDONESIA FAJ I 2025
133-UN57.U1-SIN-XI-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA FAJ I 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XII;117 HLM;29 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?