Text
SKRIPSI PERBANDINGAN METODE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN SEMPOA GAMBAR DAN METODE OUTDOOR STUDY PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI KELAS VIII SMPN 3 KOTA MAGELANG
Keterampilan menulis masih tergolong rendah pada tingkat SMP,
khususnya SMPN 3 Kota Magelang. Hal ini disebabkan penggunaan metode
pembelajaran yang masih konvensional dan media yang kurang tepat, seperti
penggunaan gawai secara berlebihan yang dapat mengganggu konsentrasi serta
menurunkan efektivitas belajar. Kondisi tersebut membuat proses pembelajaran
terasa monoton, terutama bagi peserta didik dengan gaya belajar visual atau
kinestetik. Oleh karena itu, diperlukan inovasi pembelajaran yang mampu
meningkatkan keterampilan menulis peserta didik, salah satu cara alternatif yaitu
melalui penerapan metode picture and picture berbantuan sempoa gambar. Metode
ini memanfaatkan media visual berupa gambar untuk merangsang imajinasi dan
membantu peserta didik menemukan ide dalam menulis teks puisi. Selain itu,
penelitian ini juga membandingkan pengaruh metode tersebut dengan metode
outdoor study yang memanfaatkan alam sebagai sumber belajar agar proses
pembelajaran menjadi lebih kontekstual, menyenangkan, dan bermakna.
Tujuan penelitian ini yaitu membuktikan seberapa besar perbedaan
penggunaan metode picture and picture berbantuan sempoa gambar pada
keterampilan menulis teks puisi peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kota Magelang.
Tujuan selanjutnya yaitu membuktikan seberapa besar perbedaan penggunaan
metode outdoor study pada keterampilan menulis teks puisi peserta didik kelas VIII
SMPN 3 Kota Magelang. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk membuktikan
seberapa besar perbedaan penggunaan metode picture and picture berbantuan
sempoa gambar dan metode outdoor study terhadap pembelajaran menulis teks
puisi di kelas VIII SMPN 3 Kota Magelang.
Tidak tersedia versi lain