Text
SKRIPSI EMOSI TOKOH ALIE DALAM NOVEL RUMAH UNTUK ALIE KARYA LENN LIU SERTA IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMP
Penelitian ini berjudul “Emosi Tokoh Alie dalam Novel Rumah untuk Alie Karya
Lenn Liu Serta Implikasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMP”. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan klasifikasi emosi tokoh Alie dalam novel Rumah
untuk Alie karya Lenn Liu berdasarkan teori emosi David Krech serta menjelaskan
implikasinya sebagai bahan ajar sastra di SMP. Metode yang digunakan adalah
metode kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Data penelitian berupa kata,
frasa, kalimat, dan wacana dalam novel yang mencerminkan emosi tokoh Alie.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode baca dan catat, sedangkan
teknik analisis data menggunakan analisis isi dengan klasifikasi emosi David Krech
yang meliputi emosi dasar, emosi yang berhubungan dengan stimulasi sensor,
emosi yang berhubungan dengan penilaian diri sendiri, serta emosi yang
berhubungan dengan orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emosi sedih
merupakan emosi yang paling dominan dialami oleh tokoh Alie dengan 10 temuan
data, mencerminkan kehidupan yang penuh tekanan dan penderitaan. Sementara
itu, emosi berhasil, malu, bangga, dan trauma hanya ditemukan masing-masing satu
kali, namun tetap memberikan kontribusi penting dalam memperlihatkan variasi
pengalaman emosional tokoh. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa
novel Rumah untuk Alie karya Lenn Liu dapat dijadikan sebagai sumber materi
untuk kelas VII SMP dengan CP pada elemen membaca dan memirsa dalam
Kurikulum Merdeka, yakni menekankan kemampuan peserta didik dalam
menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan,
pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan
fiksi). Saran untuk penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengkaji emosi tokoh pada karya fiksi.
Selain itu, hasil penelitian ini juga diharapkan mampu memperkaya wawasan
mengenai emosi, baik bagi pembaca maupun peneliti di masa yang akan datang.
Tidak tersedia versi lain