Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD BERPENDEKATAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUE (SSI) MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATAKAN LITERASI SAINS
Kemampuan literasi sains siswa Indonesia masih rendah, seperti yang
terlihat dari hasil PISA 2022. Rendahnya literasi sains menjadi tantangan dalam
pembelajaran IPA, karena proses pembelajaran yang masih berfokus pada teori dan
penggunaan bahan ajar yang terbatas membuat siswa sulit mengaplikasikan ilmu
sains dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi ini juga ditemukan di SMP Negeri 1
Tenjolaya, di mana guru masih menggunakan buku paket dan lembar kerja peserta
didik (LKPD) cetak sebagai bahan ajar, tanpa memanfaatkan teknologi yang ada.
Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang dapat meningkatkan literasi sains siswa
sesuai tuntutan pembelajaran IPA.
Penelitian ini bertujuan menguji kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan E
LKPD berbasis pendekatan Socio Scientific Issue (SSI) dengan model Think Pair
Share (TPS) dalam meningkatkan literasi sains siswa. Produk dikembangkan dalam
bentuk platform liveworksheet dengan bantuan Canva yang dapat diakses melalui
smartphone. E-LKPD ini dirancang sesuai tahapan TPS dan SSI. Metode penelitian
menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define,
Design, Development, Disseminate), namun tahap disseminate tidak dilaksanakan
karena keterbatasan waktu. Sampel penelitian adalah 30 siswa kelas VII 9 SMPN 1
Tenjolaya yang dipilih berdasarkan pertimbangan guru IPA.
Tidak tersedia versi lain