PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL LAPS-HEURISTIK BERBANTUAN CLASSFLOW TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

DIMAS ARYA MUTTAQIN - Nama Orang;

Literasi numerasi memegang peran krusial bagi siswa SMP untuk memahami
aplikasi matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari dan memecahkan masalah dunia
nyata. Kemampuan ini menjadi fondasi penting guna membekali siswa dalam menghadapi
tantangan abad ke-21. Dalam pengembangannya, peran aktif guru dan orang tua sangat
dibutuhkan untuk menumbuhkan keterampilan literasi numerasi siswa. Namun,
kemampuan literasi numerasi siswa banyak masih rendah, seperti yang terjadi pada siswa
SMP Negeri 1 Mertoyudan. Hasil pra-penelitian terhadap 60 siswa kelas VII menunjukkan
skor rata-rata hanya 36 dari 100, yang tergolong dalam kategori rendah. Analisis awal
mengidentifikasi beberapa akar permasalahan. Pertama, penerapan model pembelajaran
yang belum efektif dalam mengoptimalkan kompetensi literasi numerasi. Kedua, minimnya
pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar.
Ketiga, proses pembelajaran yang belum memperhatikan karakteristik gaya belajar peserta
didik. Temuan ini menunjukkan perlunya inovasi dalam strategi, media, dan pendekatan
pembelajaran yang lebih adaptif untuk meningkatkan literasi numerasi siswa.
Penelitian ini dirancang dengan tiga tujuan utama yang saling terkait. Pertama,
untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa melalui perbandingan komparatif
antara hasil penerapan model pembelajaran LAPS-Heuristik yang diintegrasikan dengan
ClassFlow dan model pembelajaran langsung. Kedua, untuk menelaah perbedaan
kemampuan literasi numerasi ketika dikelompokkan berdasarkan variasi gaya belajar
siswa, yakni audiotori, kinestetik, dan visual. Ketiga, untuk menginvestigasi adanya
interaksi antara pilihan model pembelajaran dan kategori gaya belajar tersebut dalam
memengaruhi capaian literasi numerasi siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi MATEMATIKA MUT E 2025
125-UN57.U1-SPM-XI-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA MUT E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIX;362 HLM;29 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?