Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL LAPS-HEURISTIK BERBANTUAN CLASSFLOW TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Literasi numerasi memegang peran krusial bagi siswa SMP untuk memahami
aplikasi matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari dan memecahkan masalah dunia
nyata. Kemampuan ini menjadi fondasi penting guna membekali siswa dalam menghadapi
tantangan abad ke-21. Dalam pengembangannya, peran aktif guru dan orang tua sangat
dibutuhkan untuk menumbuhkan keterampilan literasi numerasi siswa. Namun,
kemampuan literasi numerasi siswa banyak masih rendah, seperti yang terjadi pada siswa
SMP Negeri 1 Mertoyudan. Hasil pra-penelitian terhadap 60 siswa kelas VII menunjukkan
skor rata-rata hanya 36 dari 100, yang tergolong dalam kategori rendah. Analisis awal
mengidentifikasi beberapa akar permasalahan. Pertama, penerapan model pembelajaran
yang belum efektif dalam mengoptimalkan kompetensi literasi numerasi. Kedua, minimnya
pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar.
Ketiga, proses pembelajaran yang belum memperhatikan karakteristik gaya belajar peserta
didik. Temuan ini menunjukkan perlunya inovasi dalam strategi, media, dan pendekatan
pembelajaran yang lebih adaptif untuk meningkatkan literasi numerasi siswa.
Penelitian ini dirancang dengan tiga tujuan utama yang saling terkait. Pertama,
untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa melalui perbandingan komparatif
antara hasil penerapan model pembelajaran LAPS-Heuristik yang diintegrasikan dengan
ClassFlow dan model pembelajaran langsung. Kedua, untuk menelaah perbedaan
kemampuan literasi numerasi ketika dikelompokkan berdasarkan variasi gaya belajar
siswa, yakni audiotori, kinestetik, dan visual. Ketiga, untuk menginvestigasi adanya
interaksi antara pilihan model pembelajaran dan kategori gaya belajar tersebut dalam
memengaruhi capaian literasi numerasi siswa.
Tidak tersedia versi lain