Text
SKRIPSI "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KELAS VII"
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan suatu kemampuan
dalam menguasai suatu materi dan mampu mengembangkan konsep tersebut ke
dalam situasi yang berbeda. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal menunjukkan
bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di SMP N 12
Magelang masih rendah. sehingga dibutuhkan suatu model yang tepat dan sesuai
untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu yang dapat diterapkan yaitu
model pembelajaran STAD berbantuan LKPD.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yang pertama, untuk menganalisis
ketuntasan secara klasikal kemampuan pemahaman konsep matematis dari
penerapan model STAD berbantuan LKPD. Kedua, untuk menganalisis ketuntasan
secara klasikal kemampuan pemahaman konsep matematis dari penerapan model
langsung. Ketiga, untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis
peserta didik yang diajar dengan model STAD berbantuan LKPD dibandingkan
dengan model pembelajaran langsung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
kuasi eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu posttest only
control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random
sampling, dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas
kontrol.Instrumen penelitian ini berupa angket validasi, pedoman wawancara, tes
kemampuan pemahaman konsep matematis, dan lembar observasi. Teknik
pengumpulan data penelitian ini meliputi tes, wawancara, observasi, angket, dan
dokumentasi.
Tidak tersedia versi lain