Text
SKRIPSI ANALISIS VARIASI RAPAT ARUS DAN TEGANGAN ANODIZING TERHADAP NILAI KEKERASAN DAN KETAHANAN AUS ALUMINIUM PADUAN
Aluminium paduan banyak digunakan dalam industri otomotif karena sifatnya yang ringan, tahan korosi, dan memiliki konduktivitas panas yang baik sehingga cocok dalam pembuatan radiator mobil. Namun, beberapa kasus kerusakan karena erosi permukaan dalam dan faktor pengotor menyebabkan keausan pada radiator mobil, sehingga metode anodizing diperlukan untuk meningkatkan ketahanan aus dan kekerasan pada material radiator mobil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi rapat arus dan tegangan listrik pada proses anodizing terhadap nilai kekerasan dan ketahanan aus permukaan aluminium paduan seri 3xxx. Proses anodizing dilakukan menggunakan larutan asam sulfat (H₂SO₄) dengan variasi arus 4A dan 5A serta tegangan 25V dan 35V selama 40 menit. Pengujian kekerasan dilakukan menggunakan metode Microvickers (ASTM E384), dan ketahanan aus diuji menggunakan metode Ogoshi (ASTM D3885). Hasil menunjukkan peningkatan kekerasan dan ketahanan aus pada spesimen yang dianodizing, dengan variasi pada 4A dan 25V yang menghasilkan kekerasan tertinggi 162,63 VHN dan nilai terendah pada variasi 5A dan 35V dengan 139,61 VHN. Nilai ketahanan aus terbaik didapat pada variasi 5A dan 35V dengan nilai keausan spesifik 3,02 x 10-4 mm3 /kg.m atau peningkatan ketahanan aus sebesar 24%, sedangkan ketahanan aus terendah didapat pada variasi 4 A dan 35 V dengan nilai 8,24 x 10-4 mm3 /kg atau penurunan ketahanan aus sebesar 52,13%.
Tidak tersedia versi lain