Text
SKRIPSI FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA WAJIB PAJAK UMKM DI KOTA MAGELANG)
ABSTRAK
Tingkat kepatuhan wajib pajak pada sektor UMKM yang rendah menjadi tantangan yang perlu dikaji secara mendalam oleh otoritas perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, sanksi pajak, dan sosialisasi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kota Magelang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori atribusi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Wajib Pajak UMKM di Kota Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan coevenience sampling dengan penentuan jumlah sampelnya menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel berjumlah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda yang menggunakan Software SPSS Versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib, dan sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kota Magelang, sedangkan sosialisasi pajak tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kota Magelang sehingga Direktorat Jenderal Pajak perlu mengembangkan dan menginovasi metode sosialisasi perpajakan, serta mengintensifkan pemanfaatan platform digital khususnya di sektor UMKM.
Kata Kunci: Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Sosialisasi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak
Tidak tersedia versi lain