Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATA PELAJARAN IPA
Perkembangan revolusi industri 4.0 menuntut siswa memiliki keterampilan
abad ke-21, terutama berpikir kritis. Namun, berbagai penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Hal ini
diperkuat oleh hasil studi PISA 2022 yang menegaskan bahwa sebagian besar siswa
kesulitan menganalisis informasi dan memecahkan permasalahan yang bersifat
kompleks. Oleh sebab itu, dibutuhkan model pembelajaran yang mampu
mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Salah satu model yang mampu
menjadi solusi permasalahan tersebut adalah model Team Assisted Individualization
(TAI) yang mengombinasikan pembelajaran kooperatif dan individual agar siswa
dapat saling berdiskusi serta membantu dalam kelompok.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan penerapan model
TAI dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada mata
pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain
Non–equivalent Control Group. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Mertoyudan, dengan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan
VIII G sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes uraian keterampilan
berpikir kritis yang telah melalui uji validitas serta reliabilitas. Data hasil pretest
dan posttest dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test serta
perhitungan N-Gain Score.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TAI berpengaruh
positif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil uji
Independent Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05,
menandakan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Hasil nilai N-Gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen
sebesar 0,724 termasuk kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,452
berada pada kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
penerapan model TAI efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis
siswa SMP pada mata pelajaran IPA.
Tidak tersedia versi lain