PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATA PELAJARAN IPA

REVI MARISKA - Nama Orang;

Perkembangan revolusi industri 4.0 menuntut siswa memiliki keterampilan
abad ke-21, terutama berpikir kritis. Namun, berbagai penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Hal ini
diperkuat oleh hasil studi PISA 2022 yang menegaskan bahwa sebagian besar siswa
kesulitan menganalisis informasi dan memecahkan permasalahan yang bersifat
kompleks. Oleh sebab itu, dibutuhkan model pembelajaran yang mampu
mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Salah satu model yang mampu
menjadi solusi permasalahan tersebut adalah model Team Assisted Individualization
(TAI) yang mengombinasikan pembelajaran kooperatif dan individual agar siswa
dapat saling berdiskusi serta membantu dalam kelompok.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan penerapan model
TAI dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada mata
pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain
Non–equivalent Control Group. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Mertoyudan, dengan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan
VIII G sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes uraian keterampilan
berpikir kritis yang telah melalui uji validitas serta reliabilitas. Data hasil pretest
dan posttest dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test serta
perhitungan N-Gain Score.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TAI berpengaruh
positif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil uji
Independent Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05,
menandakan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Hasil nilai N-Gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen
sebesar 0,724 termasuk kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,452
berada pada kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
penerapan model TAI efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis
siswa SMP pada mata pelajaran IPA.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA MAR K 2025
114-UN57.U1-SI-XI-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA MAR K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;192 HLM;29 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?