PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

WAHYU APRILIA PUTRI - Nama Orang;

Kemampuan berpikir kritis adalah elemen penting yang harus dikuasai siswa
untuk mendukung proses pembelajaran di abad ke-21, terutama dalam mata
pelajaran IPA yang kompleks dan memerlukan analisis mendalam. Namun,
observasi di SMP Negeri 2 Kepil menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis
siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang
kurang optimal dalam mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis dan
dominasi peran guru yang masih kuat dalam proses belajar. Salah satu solusi yang
dapat diterapkan adalah model pembelajaran berbasis masalah, yang menekankan
pada siswa dan menggunakan masalah sebagai pemicu untuk meningkatkan
pemikiran kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model
pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa di pelajaran IPA pada tingkat SMP. Metode yang digunakan adalah
kuantitatif dengan desain quasi-experiment tipe non-equivalent control group
design, di mana kelas VII C berfungsi sebagai kelompok eksperimen yang
menerapkan model berbasis masalah, sedangkan kelas VII D menjadi kelompok
kontrol yang mengikuti model discovery terbimbing. Instrumen penelitian ini
berupa tes esai dengan 5 butir soal yang telah melalui proses pengujian validitas
dan reliabilitas untuk menjamin kualitasnya. Uji prasyarat melalui analisis
normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan
homogen. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan independent sample t-test,
N-Gain, serta analisis Effect size. Hasil t-test menunjukkan nilai signifikansi
0,309 > 0,05, yang menandakan tidak ada perbedaan signifikan antara kedua
kelompok. Nilai N-Gain untuk kelas eksperimen mencapai 0,53 (kategori sedang),
sementara kelas kontrol sebesar 0,46 (kategori sedang). Hasil analisis Effect size
menunjukkan nilai Cohen's d pretest untuk kelas eksperimen dan kontrol sebesar
0,3 (interpretasi rendah), sedangkan nilai Cohen's d posttest untuk kelas
eksperimen dan kontrol mencapai 1,2 (interpretasi sangat tinggi). Dari hasil
tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif
dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di
SMP.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA PUT K 2025
113-UN57.U1-SI-XI-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA PUT K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIII;179 HLM;29 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?