Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA
Abad ke-21 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi,
khususnya berpikir kritis yang merupakan faktor utama dalam konteks
pembelajaran IPA. Namun, berbagai penelitian serta temuan dari PISA
memperlihatkan siswa di Indonesia masih memiliki keterampilan berpikir kritis
yang rendah. Kondisi serupa ditemukan di SMPN 2 Mertoyudan dimana rata-rata
kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Struktur Bumi dan Perkembangannya
hanya sebesar 51,6. Dengan demikian, dibutuhkan model pembelajaran inovatif
yang mampu meningkatkan keterampilan tersebut. Alternatif yang dapat dilakukan
yaitu penerapan model Course Review Horay (CRH) yang memadukan unsur
diskusi, kompetisi, dan suasana belajar yang menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan model CRH dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control
group. Sampel penelitian melibatkan dua kelas di kelas VIII SMPN 2 Mertoyudan,
yaitu VIII C digunakan sebagai kelompok eksperimen dengan model CRH
sementara kelas VIII F digunakan sebagai kelompok kontrol dengan model Direct
Instruction. Instrumen penelitian berupa lima butir soal uraian yang merujuk pada
indikator berpikir kritis menurut Ennis (2015). Data pretest dan posttest dianalisis
menggunakan uji Independent Sample T-Test dan perhitungan N-Gain.
Tidak tersedia versi lain