Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA CANDI BOROBUDUR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Kemampuan literasi matematis siswa di SMP Negeri 1 Secang masih tergolong
rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya yaitu kurangnya
pembiasaan terhadap informasi yang berkaitan dengan matematika dan
permasalahan berbentuk soal cerita, serta pelaksanaan model pembelajaran yang
tidak optimal.
Tujuan penelitian ini ialah menganalisis ketuntasan kemampuan literasi
matematis peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan RME berbasis
etnomatematika Candi Borobudur. Tujuan selanjutnya, menganalisis ketuntasan
kemampuan literasi matematis peserta didik yang mendapatkan pembelajaran
dengan model pembelajaran langsung. Tujuan terakhir adalah menganalisis
efektivitas model pembelajaran RME berbasis etnomatematika Candi Borobudur
dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan literasi
matematis peserta didik.
Tidak tersedia versi lain