Text
SKRIPSI ANALISIS NILAI DONGENG DALAM MAJALAH CERIA DAN PENERAPANNYA SEBAGAI PENGAJARAN SASTRA DI SEKOLAH DASAR
Analisis Nilal Didik Dongeng dalam Majalah Ceria dari Penerapannya sebagai Materi Pengajaran sastra di sekolah dasar, Skripsi. Magelang, Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan. Universitas Tidar Magelang 1994. Rumusan Penelitian ini adalah nilai-nilai didik apakah yang terdapat dalam dongeng pada majalah Ceria yang relevan dengan perkembangan anak Sekolah Dasar serta bagaimanakah cara mengajarkan dongeng itu di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untul mengetahui nilai didik dongeng yang terdapat dalam majalah ceria yang sesuai dengan Perkembangan anak Sekolah Dasar dan alternatif Penerapannya sebagai materi pengajaran sastra di Sekolah Dasar. deskriptif yang Penelitian kualitatif ini bersifat dilaksanakan pada tahun 1994, Kegiatan Penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data, penyusunan data, dan penginterpretasikan data. Data yana peneliti gunakan berasal dari dokumen. buku, majalah, dan catatan. Objek penelitian ini adalah dongeng dongeng yang terdapat pada majalah ceria yang terbit pada tahun 1992 sampai 1993 dengan mengambil sampel sebanyak 12 dongeng. Pengambilan sampel ini dengan menggunakan teknik sampel bertujuan, yaitu untuk tujuan kelengkapan jenis dongeng yang diteliti.
Untuk menjaga kevaliditasan data peneliti menguunakan core Triangulasi yang terdiri dari triangulasi data, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Agar data lebih valid, peneliti juga menggunakan penyusunan data base. Guna mendapatkan nilai didik dongeng yang diteliti yang sesuai dengan perkembangan anak Sekolah Dasar, dilakukan analisis dari segi perkembangan anak. Segi itu meliputi segi pengamatan, segi pikiran dan, fantasi, dan segi perasaan anak
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain