PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH PEMBERIAN STRUKTUR PRA-KOMUNIKATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKATIP BERBAHASA INGGRIS SISWA KELAS VI SDN CACABAN 3 KOTAMADIA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 1999/2000
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH PEMBERIAN STRUKTUR PRA-KOMUNIKATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKATIP BERBAHASA INGGRIS SISWA KELAS VI SDN CACABAN 3 KOTAMADIA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 1999/2000

ENDAH NASTUTI - Nama Orang;

Endah Nastuti (2000) sama dengan Pengaruh Pemberian Struktur Pra-komunikatif terhadap Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris Siswa Kelas Enam SDN Cacaban 3, Kota Magelang Tahun Ajaran 1999/2000. Makalah. Magelang. Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar Magelang.
Bahasa Inggris telah diajarkan sebagai mata pelajaran lokal di Sekolah Dasar sejak tahun 1994. Tujuan pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar adalah penguasaan keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dalam Bahasa Inggris, serta mempersiapkan mereka untuk belajar di kelas berikutnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa pemberian struktur pra-komunikatif mempunyai perbedaan yang signifikan dengan metode konvensional dan struktur pra-komunikatif lebih baik daripada metode konvensional dalam melatih kemampuan komunikasi Bahasa Inggris siswa kelas enam Sekolah Dasar.
Kemampuan komunikasi siswa Sekolah Dasar masih kurang karena Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran baru. Selain itu, metode pengajaran yang digunakan juga belum tepat. Untuk mengatasi masalah ini, guru perlu menerapkan struktur pra-komunikasi dalam pengajarannya.
Dengan meninjau teori-teori terkait, peneliti mengasumsikan dua hipotesis sebagai berikut:
1. Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi bahasa Inggris antara siswa yang diajar menggunakan struktur pra-komunikatif dan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional.
2. Struktur pra-komunikatif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Inggris siswa.
Terdapat 43 siswa dan peneliti mengambil 40 siswa sebagai sampel. Sampel dibagi menjadi dua kelompok secara proporsional, yaitu kelompok A (kelompok eksperimen) dan kelompok B (kelompok kontrol). Kelompok eksperimen diajar dengan struktur pra-komunikatif, sedangkan kelompok kontrol diajar dengan metode konvensional. Setelah eksperimen selesai, peneliti memberikan tes.
Hasil tes kedua kelompok dibandingkan. Berdasarkan pengamatan, kedua kelompok yang dianalisis memiliki rerata yang berbeda. Rerata kelompok A (70,55), sebagai kelompok eksperimen, lebih tinggi daripada kelompok B (62,45), sebagai kelompok kontrol. Perbedaan rerata ini signifikan pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian, terbukti bahwa struktur pra-komunikatif memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan metode konvensional dalam pengajaran kemampuan komunikasi bahasa Inggris.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS NAS P 2000
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2000
Deskripsi Fisik
XII;66HAL;29,5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PBI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_INGGRIS
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?