Text
PENGARUH PENGAJARAN REMEDI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS II SMU KRISTEN SECANG TAHUN PELAJARAN 2001/2002
Nur Salim (2001) sama dengan Pengaruh Pengajaran Remedial terhadap Prestasi Bahasa Inggris Siswa Kelas Dua SMU Kristen Secang Tahun Ajaran 2000/2001. Makalah. Magelang. Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar Magelang.
Proses belajar mengajar Bahasa Inggris di sekolah menengah memiliki beberapa kendala. Salah satunya adalah kesalahan penggunaan bahasa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara, misalnya dengan pembelajaran remedial.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah pemberian pengajaran remedial mempunyai pengaruh terhadap proses belajar mengajar atau tidak dan untuk mengetahui kontribusi pengajaran remedial terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris.
Prestasi belajar bahasa Inggris siswa masih rendah. Selain itu, metode pengajaran yang digunakan juga belum tepat. Untuk mengatasi masalah ini, guru perlu menerapkan metode remedial dalam proses belajar mengajar.
Dengan meninjau teori-teori terkait, peneliti mengasumsikan dua hipotesis sebagai berikut:
1. Terdapat perbedaan prestasi belajar Bahasa Inggris antara siswa yang diberi pengajaran remedial dan siswa yang tidak diberi pengajaran remedial.
2. Prestasi belajar Bahasa Inggris siswa yang diberi pengajaran remedial lebih baik daripada siswa yang tidak diberi pengajaran remedial.
Terdapat 43 siswa dan peneliti mengambil 40 siswa sebagai sampel. Sampel dibagi menjadi dua kelompok secara proporsional, yaitu kelompok A (kelompok eksperimen) dan kelompok B (kelompok kontrol). Kelompok eksperimen diberikan remedial, sedangkan kelompok kontrol tidak. Setelah eksperimen selesai, peneliti memberikan tes.
Akhirnya, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil antara proses belajar mengajar bahasa Inggris yang menerapkan pembelajaran remedial dan yang tidak menerapkannya. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru bahasa Inggris menerapkan pembelajaran remedial dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris mereka untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain