Text
KORELASI ANTARA KETRAMPILAN MENYIMAK DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IN SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO
KORELASI ANTARA KETERAMPILAN MENYIMAK DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SAPURAN KAB. WONOSOBO.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Maksudnya dalam penelitian ini ada dua variabel yang harus dikorelasikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara keterampilan menyimak dan prestasi belajar siswa (nilai cawu I dan II).
Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas III SD Negeri se-Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo. Sampel yang diambil sebanyak 123 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Dalam teknik ini penulis membagi populasi menjadi sub-populasi dan dari sub-populasi ditentukan propporsinya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif dengan model statistik korelasi bivariat. Rumus yang digunakan adalah rumus korelasi product moment.
Simpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah dapat diketahuinya korelasi yang positif antara keterampilan menyimak dengan prestasi belajar siswa. Setelah kedua variabel dikorelasikan menunjukkan hasil yang tinggi antara keterampilan menyimak dan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri se-Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo yaitu 0,761 (angka ini hasil korelasi dari 123 siswa sampel). Angka tersebut siginifkan dalam taraf 1%. Dengan demikian, bahwa keterampilan menyimak mempunyai hubungan yang tinggi dengan prestasi belajar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain