Text
SKRIPSI ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Kopi Tanpa Nama di Magelang)
Kopi merupakan salah satu komoditi perkebunan yang paling menguntungkan dan berfungsi sebagai sumber devisa negara. Kopi telah bertransformasi dari sekedar minuman menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup modern sehingga memicu lonjakan permintaan berkelanjutan, baik secara global atau pun nasional. Hal tersebut juga membuat bisnis usaha kedai kopi menjadi bisnis yang menjanjikan sehingga kedai kopi semakin menjamur dan membuat persaingan semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap keputusan pembelian di Kedai Kopi Tanpa Nama, baik secara parsial ataupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan 100 responden yang diambil dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas produk, dan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan, kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas produk, pelayanan yang prima, dan promosi yang efektif dapat mendorong peningkatan keputusan pembelian konsumen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha kedai kopi dalam merancang strategi pemasaran yang lebih tepat, serta menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dalam mengembangkan kajian terkait perilaku konsumen.
Kata kunci: keputusan pembelian, kualitas pelayanan, kualitas produk, promosi, kedai kopi tanpa nama.
Tidak tersedia versi lain