Text
SKRIPSI PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NSKAH DRAMA DENGAN MEDIA LEGENDA PADA SISWA KELAS VIII A SMP MA'ARIF BOROBUDUR
ABSTRAK
Rini Khurniyati (2013): Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama dengan Media Legenda pada Siswa Kelas VIII A SMP Ma'arif Bororbudur.
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar Magelang.
Pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas VIII A SMP Ma'arif Borobudur belum mencapai hasil yang optimal. Sebanyak 29 siswa atau sekitar 82,9% dari 35 siswa nilai menulis naskah drama belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan SMP Ma'arif Borobudur sebesar 72. Hal ini dikarenakan rendahnya minat siswa dan kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajran menulis naskah drama. Dari latar belakang tersebut perlu diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk memecahkan permasahan kelas VIII A dalam pembelajaran menulis naskah drama. Rumusan masalah dari penelitian ini ialah: 1) bagaimana keberhasilan pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas VIII A SMP Ma'arif Borobudur?, dan 2) Apakah media legenda dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII A SMP Ma'arif Borobudur?. Berdasarkan rumusan masalah init, tujuan penelitian ini ialah: 1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas VIII A SMP Ma'arif Borobudur, dan 2) meningkatkan keterampilan menulis naskah drama pada siswa VIII A SMP Ma'arif Borobudur dengan media legenda.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 Juli sampai 27 Oktober 2012 di SMP Ma'arif Borobudur. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A SMP Ma'arif Borobudur sebanyak 35 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri atas tiga pembelajaran dan siklus II terdiri atas dua pembelajaran. Teknik pengambilan data dengan tes, angket, dan obsevasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas VIII A SMP Ma'arif Borobudur dari siklus 1 ke siklus II yang ditandai dengan semakin banyaknya siswa yang aktif dengan mendengarkan penjelasan dari guru, bertanya kepada guru dan menjawab pertanyaan dari guru. Selain itu, perilaku siswa yang menghambat pembelajaran seperti berbicara dengan teman lain, mengganggu teman lain, melamun dan tertidur semakin berkurang. Selain proses pembelajaran yang semakin meningkat, keterampilan siswa menulis naskah drama juga meningkat. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dalam menulis naskah drama dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siswa pada ujian menulis naskah drama siklus 1 sebesar 2,76, sedangkan pada siklus II sebesar 3,24. Jadi, mengalami peningkatan skor sebesar 0,48. Nilai rata-rata pada setiap
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain