Text
SKRIPSI PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BCA “ DON'T KNOW?, KASIH NO!” PADA PLATFORM YOUTUBE TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT DALAM MENCEGAH PHISHING
PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BCA “ DON'T KNOW?, KASIH NO!” PADA PLATFORM YOUTUBE TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT DALAM MENCEGAH PHISHING
Prakasa Yosi Ananta, R. Yogie Prawira W, Prinisia Nurul Ikasari
Fenomena phishing merupakan salah satu bentuk kejahatan siber yang semakin marak terjadi akibat rendahnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap keamanan data pribadi. Sebagai respons terhadap ancaman tersebut, Bank Central Asia (BCA) meluncurkan iklan layanan masyarakat “Don’t Know?, Kasih No!” melalui akun YouTube @SolusiBCA untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melindungi data pribadi dari modus penipuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklan layanan masyarakat BCA “Don’t Know?, Kasih No!” di platform YouTube terhadap kesadaran masyarakat dalam mencegah phishing. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif dengan pendekatan positivistik. Populasi penelitian mencakup seluruh penonton iklan pada akun YouTube @SolusiBCA, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling jenis insidental sampling terhadap 100 responden. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Penelitian ini berlandaskan teori Stimulus–Respons dari Ivan Pavlov (1902). Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan layanan masyarakat BCA berpengaruh positif terhadap kesadaran masyarakat sebesar 28,6%, sedangkan sisanya sebesar 71,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa kualitas dan intensitas stimulus pesan iklan berperan penting dalam membentuk respons kesadaran masyarakat terhadap ancaman phishing.
Kata Kunci : Iklan Layanan Masyarakat, YouTube, Kesadaran Masyarakat, Phishing, Teori Stimulus–Respon
Tidak tersedia versi lain