Text
USING ROUND ROBIN BRAINSTORMING TECHNIQUE TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA 4 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Bahasa Inggris adalah salah satu pelajaran wajib yang diajarkan di Sekolah Menengah Pertama. Akan tetapi, siswa SMA Negeri 4 Magelang mendapatkan kesulitan kesulitan dalam menulis menggunakan BahasaInggris. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya konsentrasi, teknik mengajar yang monoton selama proses belajar mengajar dan rendahnya motivasi siswa. Itulah mengapa beberapa murid mendapat nilai di bawah 75. Rata-rata nilai siswa hanya 65. Terdapat dua tujuan dari penelitian ini. Pertama, untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Round Robin Brainstorming dapat meningkatkan motivasi belajar menulis teks deskriptif siswa. Kedua, untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas sepuluh SMA Negeri 4 Magelang tahun ajaran 2014/2015 yang diajarkan dengan menggunakan teknik Round Robin Brainstorming. Untuk mencapai tujuan-tujuan penelitian ini, penulis melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini telah dilakukan di SMA Negeri 4 Magelang. Subyek dari penelitian ini adalah kelasX-1. terdapat 28 siswa yang terdiri dari 16 perempuan dan 12 laki-laki. Penelitian ini dibagi menjadi tiga fase, yaitu Pra-siklus, Siklus I dan Siklus II. Setiap siklus dilengkapi dengan kuesioner, lembar observasi, dokumentasi dan tes untuk mengumpulkan data. Untuk tes, penulis menggunakan sebuah formula untuk menganalisa nilai siswa. Data non tes menunjukkan perubahan perilaku siswa. Motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris berdasarkan lembar observasi Siklus 2 mencapai 80.74%. Faktor utama yang mempengaruhi nilai dan perilaku siswa adalah kelas yang nyaman dan pengembangan teknik. Dari data tes menunjukkan nilai rata-rata kelas di Pra-siklus adalah 65 (cukup. Pada tes Siklus I, nilai rata-rata kelas adalah 70.94 (baik), peningkatan dari Pra-siklus yaitu 5.91. Pada tes Siklus II, nilai rata-rata kelas adalah 82.82 (baik), peningkatan dari Siklus I yaitu 11.91. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa teknik Round Robin Brainstorming adalah salah satu teknik mengajar yang baik diterapkan di Sekolah Menengah Pertama untuk mengajar menulis khususnya menulis teks deskriptif. Dengan menggunakan teknik ini, motivasi siswa menulis teks deskriptif meningkat dan nilai mereka bertambah tinggi dan memuaskan. Kata kunci:Teknik Round Robin Brainstorming, Keterampilan menulis.
116- UN57-4.1-2016 | INGGRIS ILA U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain