Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIDATO MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI IPA SMA ISLAM SUDIRMAN PAKIS
ABSTRAK:
Ratna Fitri Utami (2015) Peningkatan Keterampilan Berpidato Menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Islam Sudirman Pakis. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpidato. Siswa yang belum memenuhi KKM berjumlah 15 siswa. Hasil tes yang telah dilakukan di kelas XI IPA SMA Islam Sudirman Pakis menunjukkan bahwa dari 17 siswa hanya 2 siswa yang mencapai KKM atau 11,76%. Selain itu, diketahui bahwa dalam pembelajaran siswa masih banyak menemui kesulitan antara lain (1) pemanfaatan media pembelajaran belum maksimal, (2) pembelajaran masih menggunakan cara tradisional, terbukti guru masih menggunakan metode ceramah dan siswa kurang aktif, (3) minat berpidato masih kurang. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode demonstrasi berbantuan media audio visual. Berdasarkan latar belakang yang telah disebutkan, rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) apakah minat siswa kelas XI IPA SMA Islam Sudirman Pakis dapat ditingkatkan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media audio visual, (2) apakah keterampilan siswa kelas XI IPA Islam Sudirman Pakis dapat ditingkatkan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media audio visual. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan minat siswa kelas XI IPA SMA Islam Sudirmann Pakis dalam kegiatan berpidato dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media audio visual, (2) meningkatkan keterampilan siswa kelas XI IPA SMA Islam Sudirman Pakis dalam kegiatan berpidato menggunakan metode demonstrasi berbantuan media audio visual. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) pengertian pidato, (2) macam-macam pidato, (3) aspek keterampilan berpidato, (4) pengertian metode, (5) metode demonstrasi, dan (5) media audio visual. Hasil penelitian membuktikan bahwa pada pembelajaran prasiklus banyak siswa yang kurang berminat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Setelah menggunakan metode demonstrasi berbantuan media audio visual pada siklus I, siswa terlihat lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran, perilaku siswa yang positif cenderung meningkat dibandingkan dengan kondisi prasiklus, dan perilaku negatif mulai menurun. Pada pembelajaran siklus II, siswa sudah lebih semangat dan berminat dalam mengikuti pembelajaran. Perilaku negatif seperti berbicara dengan teman dan melamun sudah menurun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan berpidato. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata kelas 69,56 dari 17 siswa hanya ada 2 siswa atau11,76 % yang nilainya sudah mencapai KKM. Pada tes siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 72, 97 siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 9 siswa atau 52,94%. Pada tes siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,95 dengan 17 siswa atau 100% nilainya sudah mencapai KKM. Sehingga dapat diketahui bahwa terjadi kenaikan jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM. Jika pada tahap prasiklus hanya 11,76% atau 2 siswa yang mencapai KKM, maka persentase tersebut meningkat menjadi 52,94% atau 9 siswa pada akhir siklus I. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi berbantuan Media Audio Visual dapat menumbuhkan minat siswa dan meningkatkan keterampilan berpidato pada siswa kelas XI IPA SMA Islam Sudirman Pakis. Saran yang peneliti sampaikan guru hendaknya menggunakan berbagai variasi media pembelajaran, agar siswa lebih tertarik dan berminat, salah satunya dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media audio visual. Kata Kunci : berpidato, metode demonstrasi, media audio visual
11-UN57.4.1.4-2016 | INDONESIA UTA P 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain