Text
AMANAT DALAM NOVEL PERTEMUAN DUA HATI KARYA NH. DINI DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARANNYA DI SMA
ABSTRAK:
Nela Nur Murosokhah: 134.0301.008, Skripsi 2015, Amanat dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya Nh. Dini dan Implementasi Pembelajarannya di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitar Tidar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh novel Pertemuan Dua Hati karya Nh. Dini yang mengandung unsur-unsur pembangun sastra yaitu amanat atau pesan yang dapat diteladani siswa dalam kehidupan bermasyarakat dan mengapresiasikan karya sastra di SMA. Berdasarkan latar belakang masalah dapat dirumuskan sebagai berikut (1) Amanat apa sajakah yang terkandung dalam novel Pertemuan Dua Hati Karya Nh. Dini? (2) Bagaimana implementasi pembelajaran amanat dalam novel Pertemuan Dua Hati karya Nh. Dini di SMA?. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan amanat yang terkandung dalam novel Pertemuan Dua Hati Karya Nh. Dini. (2) Membuat rancang bangun pembelajaran amanat yang terkandung dalam novel Pertemuan Dua Hati karya Nh. Dini di SMA. Amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembacanya. Di dalam amanat terdapat amanat langsung yaitu amanat yang disampaikan melalui dialog antar tokoh dan amanat tidak langsung yaitu amanat yang didapatkan dari pikiran tokoh atau berupa narasi. Objek penelitian berupa dialog dan narasi yang terdapat dalam novel Pertemuan Dua Hati karya Nh. Dini. Metode dan teknik penyediaan data yang digunakan adalah metode simak dan teknik catat. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif analitik. Hasil analisis dalam penelitian ini berupa amanat, terdapat . Amanat yang terdapat dalam novel Pertemuan Dua Hati karya Nh. Dini diantaranya: Amanat secara langsung antara lain: (1) saling tolong-menolong terhadap sesama, (2) peduli terhadap sesama, dan (3) bertanggung jawab terhadap pekerjaan. Dan amanat secara tidak langsung antara lain: (1) patuh terhadap guru, (2) patuh terhadap orang tua, (3) saling tolong-menolong terhadap sesama, (4) peduli terhadap sesama,dan (5) bertanggung jawab terhadap pekerjaan. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh guru Bahasa Indonesia SMA kelas XI semester 1, dengan Standar Kompetensi 7. Memahami berbagai hikayat novel Indonesia/ novel terjemahan dan Kompetensi Dasar (KD) yaitu 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik/ ekstrinsik novel Indonesia/ novel terjemahan. Berdasarkan silabus tersebut, model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran terpadu. Sesuai amanat KTSP, bahwa model pembelajaran terpadu merupakan salah satu model implementasi kurikulum yang dianjurkan untuk diaplikasikan pada semua jenjang pendidikan. Model pembelajaran ini pada hakikatnya merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep.Model pembelajaran terpadu tipe Connected/ terhubung mempunyai tiga tahap dalam pembelajaran antara lain: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tiga tahapan tersebut digunakan agar menciptakan pembelajaran yang aktif, efektif, kreatif, dan inovatif. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa Amanat yang terdapat dalam novel Pertemuan Dua Hati karya Nh. Dini diantaranya: Amanat secara langsung antara lain: (1) saling tolong-menolong terhadap sesama, (2) peduli terhadap sesama, dan (3) bertanggung jawab terhadap pekerjaan. Amanat secara tidak langsung antara lain: (1) patuh terhadap guru, (2) patuh terhadap orang tua, (3) saling tolong-menolong terhadap sesama, (4) peduli terhadap sesama,dan (5) bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang terdapat pada novel Pertemuan Dua Hati karya Nh. Dini dapat dijadikan media untuk pembelajaran siswa di SMA, selain itu dapat juga diterapkan siswa dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Kata Kunci : Amanat, novel, dan Implementasi Pembelajaran.
12-UN57.4.1.1.2-2016 | INDONESIA NEL A 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain