Text
SKRIPSI USING FIELD TRIP TECHNIQUE TO IMPROVE THE DESCRITIVE TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF MA AL -IMAN KOTA MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk komunikasi di dunia.Menulis adalah salah satu keterampilan yang penting dalam pengajaran bahasa Inggris yang membutuhkan kompetensi dalam menyusun, isi, tata bahasa, dan mekanik. Selain itu siswa harus menguasai seluruh jenis teks, termasuk teks deskriptif. Masalah yang dihadapi oleh siswa kelas sepuluh MA AL – IMAN Kota MAGELANG yaitu mereka tidak mampu menyusun dan mengekspresikan ide mereka ke dalam sebuah paragraf yang baik dan mereka tidak mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar menulis. Hasil rara-rata nilai tes menulis yaitu hanya 60. Hal itu tidak mencapai 75 sebagai nilai standar minimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Field Trip dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menulis teks deskriptif pada siswa kelas sepuluh MA AL – IMAN Kota Magelang tahun ajaran 2014/2015, dan yang kedua adalah untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Field Trip dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas sepuluh MA AL – IMAN Kota Magelang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dibagi menjadi Pra- siklus, siklus I, siklus II. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan non tes (observasi, angket, dan dokumentasi) dan tes. Data tersebut dianalisa menggunakan quantitative data dan qualitative data. Penulis mengambil siswa-siswa kelas sepuluh MA AL –IMAN Kota Magelang sebagai subjek dalam
penelitian. Ada 23 siswa. Dari hasil observasi dan angket yang dilakukan oleh penulis, menunjukkan bahwa ada peningkatanmotivasi belajar siswa dalam menulis teks deskriptif setelah penulis mengajar menggunakan teknik Field Trip. Dalam siklus I, siswa mempunyai motivasi yang cukup dalam proses belajar. Sementara di siklus II, siswa termotivasi dan tertarik menggunakan teknik Field Tripyang membuat mereka lebih mudah dalam menulis teks deskriptif.Selain itu peningkatan juga terjadi dalam tes menulis. Di tes Pra – siklus, nilai rata-rata nya 59. Di tes siklus I, nilai rata-ratanya 68,82. Di tes siklus II, nilai rata-ratanya 80,91. Jumlah peningkatan dalam tes Pra-siklus sampai tes siklus II yaitu 21,91 poin. Penulis menyimpulkan bahwa teknik Field Trip dapat meningkatkan moetivasi belajar siswa dalam menulis teks descriptif dan ada peningkatan keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas sepuluh MA AL – IMAN Kota Magelang tahun ajaran 2014/2015.Guru dan siswa disarankan dapat menggunakan teknik Field Tripdalam proses belajar mengajar. Kata kunci: Teknik Field Trip, Teks Deskriptif, dan Keterampilan Menulis.
12-UN57.4.1-S.ING-III-2015 | INGGRIS WAT U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain