Text
USING STAR (SITUATION, TASK, ACTION, RESULT) TECHNIQUE TO IMPROVE THE RECOUNT TEXT WRITTING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA NEGERI 2 GRABAG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa Sekolah Menengah Atas pada pembelajaran bahasa termasuk bahasa Inggris. Keterampilan berbahasa ini belum dikuasai oleh siswa kelas sepuluh SMA Negeri 2 Grabag. Kebanyakan siswa mendapatkan beberapa kesulitan untuk menulis bahasa Inggris. Hal ini menjadi lebih buruk karena motifasi mereka dipembelajaran bahasa Inggris terutama menulis. Fakta menunjukkan rata-rata siswa pada kemampuan menulis lebih rendah dariapada nilai standar minimal, yaitu 76. Ada beberapa faktor yang menyebabkan keadaan ini. Salah satu faktornya adalah cara mengajar membosankan yang menyebabkan motivasi siswa rendah.
Terdapat dua tujuan utama dalam penelitian ini, yaitu mengetahui apakah penggunaan tehnik Writing STAR dapat meningkatkan motivasi belajar dalam kelas menulis recount teks pada kelas sepuluh SMA Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2015/2016 dan mengetahui seberapa peningkatan keterampilan menulis recount teks siswa yang diajar menggunakan tehnik Writing STAR. Peneliti melakukan sebuah penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti mengambil siswa kelas sepuluh SMA Negeri 2 Grabag sebagai subyek. Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap; pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan teknik bukan tes. Peneliti menggunakan skor disetiap siklus untuk menganalisa data. Berdasarkan hasil observasi dan angket, ada peningkatan motivasi pada siswa setelah peneliti mengajar menggunakan tehnik Writing STAR. Hasil rata rata observasi dari pra siklus hingga siklus II adalah 61.93, 70.62 dan 79.81, sedengkan pengingkatannya adalah 17.88 dari pra siklus hingga siklus II. Selanjutnya, hasil dari tes menunjukkan presentasi dari siswa-siswa yang memperoleh skor 76 setelah mereka diajarkan menggunakan tehnik Writing STAR. Pada pra siklus, rata-rata siswa adalah 61.93. hasil tes pada siklus I adalah 70.62. hasil rata-rata pada siklus II adalah 79.81. peningkatan dari pra siklus hingga siklus II adalah 17.88 dan 75% dari siswa memperoleh lebih dari 76 sebagai standar nilai. Berdasarkan hasil diatas, peneliyi menyimpulkan bahwa tehnik Writing STAR adalah satu dari tehnik baik di pembelajaran menulis terutama menulis sebuah recount teks yang dipergunakan di sekolah menengah atas. Tehnik ini dapat meningkatkan motivasi siswa dan keterampilan menulis mereka. Peneliti menyarankan guru bahasa Inggris untuk menggunakan tehnik Writing STAR sebagai sebuah alternative mengajar menulis untuk sekolah menengah atas.
131- UN57.4.1-2016 | INGGRIS MUN U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain