Text
USING PENS TECHNIQUE TO IMPROVE THE RECOUNT TEXT WRITTING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA N 2 GRABAG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK
Ada empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa;
mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Menulis adalah salah satu dari
empat keterampilan bahasa yang penting, karena dapat mendorong siswa untuk
berpikir kritis. Siswa kelas X SMA N 2 Grabag masih memiliki kesulitan dalam
menulis. Rata-rata siswa adalah 63, kurang dari nilai KKM yaitu 76. Mereka
memiliki kesulitan dalam mengekspresikan ide-ide, mengorganisir ide-ide dan
memilih kata-kata yang tepat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa
dalam menulis recount teks dengan menggunakan teknik PENS. Ada dua tujuan
utama dari penelitian ini. Pertama, adalah untuk mengetahui apakah penggunaan
PENS Teknik dapat meningkatkan motivasi belajar kemampuan menulis recount
text siswa kelas X SMA N 2 Grabag. Kedua, adalah untuk mengetahui seberapa
besar peningkatan keterampilan menulis recount text yang diajarkan
menggunakan PENS Teknik.
Penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik
PENS. subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 Grabag pada tahun
ajaran 2015/2016. Ada 31 siswa.
Berdasarkan pengamatan dan kuesioner menunjukkan bahwa tehnik PENS
dapat meningkatan motivasi siswa. Pada siklus I ada perubahan sedikit bahwa
siswa dapat bergabung dengan kelas menulis menggunakan teknik PENS, namun
siswa tidak menunjukkan antusiasme mereka selama proses belajar mengajar.
Sementara di siklus II, mereka lebih baik dan lebih aktif untuk mengikuti kelas
dan mereka lebih tertarik pada teknik PENS. Pada tes pra siklus, dari skor kelas
54,29. Pada siklus I rata-rata kelas dari nilai tes adalah 60,67, perbaikan dari tes
siklus pra adalah 6.38 poin. Dalam siklus II rata-rata kelas dari nilai tes adalah
78,93, peningkatan dari siklus I adalah 18,26 poin.
Berdasarkan penjelasan di atas, penulis menyimpulkan bahwa ada
beberapa perbaikan besar dalam proses belajar mengajar dan kemampuan menulis
siswa dari teks recount setelah mereka diajarkan menggunakan teknik PENS. Oleh
karena itu, penulis menyarankan guru bahasa Inggris untuk menerapkan teknik
PENS sebagai salah satu teknik pengajaran menulis.
132-UN57.4.1-2016 | INGGRIS SAN U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain