Text
KINDS OF PASSIVE VOICE IN THE DESCRIPTIVE TEXTS WRITTEN BY THE TENTH GRADERS OF SMA NEGERI 2 KOTA MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Para siswa SMA diharapkan menguasai empat keterampilan berbahasa Inggris. Keterampilan tersebut adalah menyimak, menulis, berbicara dan membaca. Menulis adalah keterampilan yang paling sulit dikuasai siswa. Adapun komponen menulis adalah isi, organisasi, kosakata, tata bahasa, dan tanda baca. Tata bahasa termasuk komponen dalam keterampilan menulis. Faktanya, siswa-siswi kelas sepuluh di SMA Negeri 2 Kota Magelang mengalami kesulitan untuk menulis kalimat pasif dalam teks deskriptif, utamanya untuk menulis jenis kalimat pasif. Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui jenis kalimat pasif yang ditulis oleh siswa kelas sepuluh SMA Negeri 2 Kota Magelang pada tahun pelajaran 2015/2016. Kedua, untuk mengetahui jenis kalimat pasif paling dominan yang ditemukan dalam teks deskriptif yang ditulis oleh siswa kelas sepuluh SMA Negeri 2 Kota Magelang pada tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kalimat pasif yang ditulis oleh siswa kelas sepuluh MIA-2 SMA Negeri 2 Kota Magelang. Penulis hanya mengambil data yang tersedia dari guru bahasa Inggris dari kelas sepuluh SMA Negeri 2 Kota Magelang. Data tersebut berupa hasil kerja siswa yaitu teks deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, penulis menyimpulkan bahwa ada empat jenis kalimat pasif yang ditulis oleh siswa. Jenis-jenis tersebut adalah indirect object as
subject, stative passive, participial adjective, dan passive form with get. Persentase dari indirect object as subject adalah 25,92%, stative passive adalah 40,74%, participial adjective adalah 25,92%, dan passive form with get adalah 7,40%. Berdasarkan simpulan diatas, penulis menyarankan guru untuk memberikan lebih banyak penjelasan dan contoh jenis kalimat pasif dalam teks, terutama dalam teks deskriptif. Untuk siswa, mereka harus menerapkan berbagai jenis kalimat pasif dalam teks deskriptif. Diharapkan siswa dapat menulis teks deskriptif yang lebih baik. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Kalimat Pasif, Jenis Kalimat Pasif.
134-UN57.4.1-2016 | INGGRIS NUU K 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain