Text
USING HOPSCOTCH GAME TO IMPROVE THE VOCABULARY MASTERY OF STUDENTS IN TKIT ASY-SYAFFA' KOTA MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Pembelajaran bahasa Inggris untuk Taman Kanak Kanak berbeda dari siswa sekolah lanjutan atas. Usia anak-anak merupakan periode emas dalam perkembangan otak mereka. Pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing haruslah memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan mereka. Tujuan pengajaran bahasa Inggris di TK adalah untuk mengembangkan penguasaan kosakata. Berdasarkan pengamatan terhadap siswa TKIT Asy-Syaffa di kelas bahasa, perkembangan penguasaan kosakata tidak signifikan. Ada beberapa masalah yang mempengaruhi penguasaan kosakata. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian untuk mengatasi salah satu masalah tersebut dengan menerapkan permainan Hopscotch. Terdapat dua tujuan dalam penelitian ini. Tujuan yang pertama adalah apakah permainan Hopscotch dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran kedua apakah permainan Hopscotch mampu meningkatkan penguasaan kosakata siwa di TKIT Asy Syaffa’ Kota Magelang pada tahun ajaran 2015/2016. Penulis melakukan penelitian, yang terdiri dari tiga siklus: Siklus awal, siklus I, dan siklus II. Penulis mengambil kelas B2 dari TKIT Asy-Syaffa Kota Magelang sebagai subyek penelitian. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen non tes (pengamatan, angket, dan dokumentasi) dan tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keaktifan siswa dan penguasaan kosakata siswa dalam pembelajaran menggunakan permainan Hopscotch. Nilai rata rata pada siklus I adalah 71,42. Pada Siklus II nilai rata ratanya adalah 80,71. Atau terjadi peningkatan nilai rata rata dari siklus I ke siklus II sebesar 9.29 poin Berdasarkan uraian di atas, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan permainan Hopscotch dapat meningkatkan keaktifan dan penguasaan kosakata siswa.ada peningkatan yang signifikan dari siswa siswa penguasaan kosakata setelah mereka diajarkan menggunakan permainan Hopscotch.Untuk itu penulis menganjurkan kepada Guru Bahasa Inggris untuk meningkatkan pembelajaran dengan menggunakan teknik pengajaran yang menarik agar siswa dapat termotivasi untuk lebih aktif sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci:Kosakata, Permainan Hopscotch, Keaktifan
135- UN57.4.1-2016 | INGGRIS SUM U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain