Text
USING SCAMPER TECHNIQUE TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT WRITTING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF SMA NEGERI 4 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Kemampuan menulis dianggap sebagai salah satu keterampilan bahasa Inggris yang sulit untuk dikuasai. Faktanya, kemampuan menulis teks naratif siswa kelas XI SMA Negeri 4 Magelang tahun ajaran 2015/2016 tidak memuaskan. Mayoritas siswa mendapatkan nilai rata-rata 72, nilai ini tidak mencapai 76 sebagai nilai minimal penguasaan Bahasa Inggris di sekeolah tersebut. Kondisi ini disebabkan oleh faktor-faktor baik dari dalam maupun dari luar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Scamper Technique dapat meningkatkan motivasi belajar kemampuan menulis teks naratif siswa kelas sebelas SMA Negeri 4 Magelang dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan menulis teks naratif siswa kelas sebelas yang diajarkan dengan menggunakan Scamper Technique. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 4 Magelang , pada tahun ajaran 2015/2016. Ada 31 siswa yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 18 anak perempuan. Penulis menerapkan tiga tahap dalam penelitian ini; yaitu Pre-cycle, Cycle I, dan Cycle II yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penulis menggunakan lembar observasi, kuesioner, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan pengukuran kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui hasilnya. Penulis menemukan bahwa penggunaan Scamper Technique dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil pengamatan dan kuesioner menunjukkan motivasi belajar siswa yang baik dalam belajar kemampuan menulis teks naratif. Nilai rata-rata menulis teks naratif siswa pada Pre-Cycle adalah 55,51 dan meningkat menjadi 72.10 pada Cycle I kemudian terus meningkat menjadi 80.60 pada Cycle II. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa Scamper Technique adalah teknik yang baik untuk mengajar kemampuan menulis untuk SMA khususnya dalam teks naratif. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membuat peningkatan yang besar dalam kemampuan menulis teks naratif siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 4 Magelang. Penulis menyarankan penggunaan Scamper Technique sebagai salah satu teknik dalam menulis teks naratif yang dapat dilakukan. Penulis berharap agar guru dapat mencoba untuk menerapkan teknik ini dalam proses belajar mengajar. Para siswa juga diharapkan untuk menggunakannya sebagai teknik alternatif dalam menulis teks naratif. Kata Kunci: Scamper Technique, kemampuan menulis, teks naratif.
137-UN57.4.1-2016 | INGGRIS KAR U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain