Text
USING CHAIN STORIES TECHNIQUE TO IMPROVE THE RECOUNT TEXT WRITTING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA N 2 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu keterampilan yang penting dalam pembelajaran bahasa inggris dan itu harus dikuasai oleh siswa Sekolah Menengah Atas. Akan tetapi, siswa kelas sepulih SMA N 2 Magelang masih menemukan kesulitan dalam pembelajaran menulis, terutama dalam teks recount. Itu dapat dibuktikan dengan hasil dari nilai rata-rata tes menulis dari 30 siswa yang hanya mencapai 69. Nilai ini tidak mencapai kriteria minimal dari 77. Ada beberapa faktor yang menyebabkan keadaan ini. Penlis melakukan sebuah penelitian untuk mengatasi masalah yang dihadapi dengan menggunakan Teknik Chain Stories.
Terdapat dua tujuan utama dalam penelitian ini. Tujuan pertama adalah untuk mengetahui apakah Teknik Chain Stories dapat meningkatkan motivasi belajar dalam keterampilan menulis teks recount atau tidak. Tujuan kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan dalam keterampilan menulis teks recount setelah diajar menggunakan Teknik Chain Stories pada siswa kelas sepuluh SMA N 2 Magelang pada tahun 2015/2016. Penulis melakukan sebuah penelitian tindakan kelas. Penelitian dibagi menjadi tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik bukan tes (pengamatan, angket dan dokumentasi) dan tes. Data juga dianalisis menggunakan rumus Fowler dan analisis deskriptof. Penulis menggunakan kelas sepuluh SMA N 2 Magelang sebagai subyek dari penelitian. Terdapat 30 siswa dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengamatan dan angket penulis, menunjukkan bahwa kebanyakan siswa mempunyai perubahan tingkah laku, siswa meningkat dalam motivasi belajar. Pada Pra siklus, siswa mempunyai motivasi belajar yang rendah dalam kelas menulis. Pada Siklus I, menunjukkan bahwa siswa mempunyai motivasi belajar yang cukup dalam proses pembelajaran. Sedangkan pada Siklus II, siswa merasa termotivasi dan tertarik pada Teknik Chain Stories yang membuat siswa lebih mudah memahami isi teks. Dalam Pra siklus, nilai rata-ratanya adalah 59.3. Itu termasuk kedalam kategori rendah. Dalam Siklus I, siswa termasuk kedalam kategori cukup, nilai rata-ratanya adalah 69. Peningkatan dari tes Pra siklus sampai Siklus I adalah 9.7. Dalam Siklus II, nilai rata-ratanya adalah 80.36. Itu termasuk kategori bagus. Peningkatan dari tes Siklus I sampai Siklus II adalah 11.36. Total peningkatan dari test Pra siklus sampai Siklus II adalah 21.06. Berdasarkan penjelasan diatas, penulis menyimpulkan bahwa Teknik Chain Stories dapat meningkatkan motivasi belajar pada keterampilan menulis teks recount. Terdapat juga peningkatan yang tinggi pada keterampilan menulis teks recount kelas sepuluh SMA N 2 Magelang pada tahun 2015/2016. Kata kunci: Teknik Chain Stories, Keterampilan Menulis, Teks Recount, Motivasi Belajar, Penelitian Tindakan Kelas.
139 -UN57.4.1-2016 | INGGRIS SAF U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain