Text
USING SPIDER MAP GRAPH MEDIA IN IMPROVING THE VOCABULARY MASTERY OF THE FOURTH GRADERS OF SDN KEDUNGLOTENG IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Kosakata adalah salah satu elemen kebahasaan penting di dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Berdasarkan observasi, siswa kelas empat SDN Kedungloteng Tahun Pelajaran 2014/2015 mengalami kendala dalam penguasaan kosa kata. Ini bisa dilihat dari dua indicator. Pertama, nilai mereka rendah. Nilai rata-rata tes nya hanya 58 kurang dari Standar Nilai yaitu 63. Kedua, siswa tidak mempunyai motivasi selama proses belajar mengajar. Untuk mengatasi masalah ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dengan mengimplementasikan Spider Map Graph sebagai media belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; Apakah ada kemajuan kegiatan belajar siswa kelas empat SDN Kedungloteng dipelajaran kosa kata yang diajarkan dengan menggunakan Spider Map Graph sebagai media? dan berapa besar kemajuan penguasaan kosa kata siswa kelas empat SDN Kedungloteng yang diajarkan dengan menggunakan Spider Map Graph sebagai media? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Di dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam mengumpilkan data, peneliti menggunakan metode qualitatif dan quantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kwesener, observasi, dan analisis dokumen. Untuk qualitative data, data dianalisis dengan menghitung dan membandingkan nilai rata-rata Pre-Test dan Post-Test (deskriptif statistik). Berdasarkan analisis data dan hasil tes, ada peningkatan penguasaan kosa kata siswa. Siswa dapat belajar dengan mudah. Ketika Spider Map Graph digunakan, siswa aktif dan antusias mengikuti kegiatan belajar. Prosentase rata-rata dari observasi di Pre-Cycle adalah 30%, Cycle I adalah 71,66%, dan Cycle II adalah 87,5%. Hasil tes menunjukkan kemajuan prestasi siswa. Nilai rata-rata tes di Pre-Cycle adalah 39,58, Cycle I adalah 61,25, dan Cycle II adalah 84,58. Penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran kosa kata dengan menggunakan Spider Map Graph sebagai media, meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas empat SDN Kedungloteng. Peneliti menyarankan kepada guru Bahasa Inggris untuk memilih Spider Map Graph sebagai salah satu media dalam mengajarkan kosa kata. Kata Kunci : Kosa kata, Media Spider Map Graph
142 -UN57.4.1-2016 | INGGRIS LUT U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain