Text
USING WORD TREE ROOTS TECHNIQUE TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT WRITING SKILL OF THE EIGHTH GRADERS OF MTs YASPI PAKIS IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK
Keterampilan menulis belum dikuasai dengan baik oleh siswa kelas delapan
MTs Yaspi Pakis. Hasil dari tes menunjukkan bahwa rata-rata nilai dalam
keterampilanmenulis hanya 61 dimana lebih rendah dari kriteria minimum yaitu 75.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini. Salah satunya adalah para siswa
selalu mendapat kesulitan untuk memulai menulis teks.
Terdapat dua tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apakah
penggunaan teknik Word Tree Roots dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas
delapan MTs Yaspi Pakis dalam belajar menulis teks deskriptif dan untuk
mengetahui apakah penggunaan teknik Word Tree Roots dapat meningkatkan
keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas delapan MTs Yaspi Pakis dengan
baik.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Yaspi Pakis yang beralamat di Jalan Balak
No. 2 Pakis Magelang. Penulis memilih siswa kelas delapan sebagai subjek
penelitian. Terdapat 33 siswa di dalam kelas tersebut, yaitu terdiri dari 21 siswa lakilaki
dan 12 siswa perempuan. Penulis melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu Pre-Cycle, Cycle I, Cycle II dan Cycle III.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non-tes.
Berdasarkan hasil, terdapat perubahan positif dalam keaktifan siswa untuk
belajar bahasa Inggris di dalam kelas. Ketika penulis menggunakan teknik ini,
partisipasi siswa meningkat dan mereka juga bersemangat untuk lebih meningkatkan
keterampilan dalam menulis teks deskriptif. Kemudian hasil tes juga menunjukkan
bahwa rata-rata siswa yang mendapat nilai 75 atau lebih, meningkat sebanyak 13.1
poin setelah diajar menggunakan teknik Word Tree Roots. Pada Pre-Cycle, nilai ratarata
siswa hanya 69.2. Setelah mereka diajar menggunakan teknik Word Tree Roots
pada Cycle I, nilai rata-rata menjadi 74. Adapun rata-rata nilai pada Cycle II yaitu 78
dan Cycle III menjadi 82.3. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang
signifikan dari Pre-Cycle.
Berdasarkan hasil diatas, penulis menyimpulkan bahwa teknik Word Tree
Roots adalah salah satu teknik yang baik untuk mengajar keterampilan menulis,
khususnya menulis teks deskriptif yang diterapkan di jenjang SMP. Teknik ini dapat
meningkatkan keaktifan dan keterampilan menulis siswa. Penulis menyarankan
kepada guru bahasa Inggris untuk menggunakan teknik ini sebagai alternatif dalam
mengajarkan keterampilan menulis kepada siswa SMP
156-UN57.4.1-2016 | INGGRIS RET U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain