Text
USING WRITING IN THE HERE AND NOW STRATEGY TO IMPROVE WRITING SKILL OF RECOUNT TEXT TO THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 2 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa Sekolah Menengah Atas pada pembelajaran bahasa termasuk bahasa Inggris. Keterampilan berbahasa ini belum dikuasai oleh siswa kelas sepuluh SMA Negeri 2 Magelang. Kebanyakan siswa mendapatkan beberapa kesulitan untuk menulis bahasa Inggris. Hal ini menjadi lebih buruk karena motifasi mereka dipembelajaran bahasa Inggris terutama menulis. Fakta menunjukkan rata-rata siswa pada kemampuan menulis lebih rendah dariapada nilai standar minimal, yaitu 77. Ada beberapa faktor yang menyebabkan keadaan ini. Salah satu faktornya adalah cara mengajar membosankan yang menyebabkan motivasi siswa rendah.
Terdapat dua tujuan utama dalam penelitian ini, yaitu mengetahui apakah penggunaan strategi Writing in the Here and Now dapat meningkatkan motivasi belajar dalam kelas menulis recount teks pada kelas sepuluh SMA Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2015/2016 dan mengetahui seberapa peningkatan keterampilan menulis recount teks siswa yang diajar menggunakan strategi Writing in the Here and Now. Peneliti melakukan sebuah penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti mengambil siswa kelas sepuluh SMA Negeri 2 Magelang sebagai subyek. Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap; pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan teknik bukan tes. Peneliti menggunakan skor disetiap siklus untuk menganalisa data. Berdasarkan hasil observasi dan angket, ada peningkatan motivasi pada siswa setelah peneliti mengajar menggunakan strategi Writing in the Here and Now. Hasil rata-rata observasi dari pra siklus hingga siklus II adalah 48.46, 64.51 dan 87.65, sedengkan pengingkatannya adalah 39.19 dari pra siklus hingga siklus II. Selanjutnya, hasil dari tes menunjukkan presentasi dari siswa-siswa yang memperoleh skor 77 setelah mereka diajarkan menggunakan strategi Writing in the Here and Now. Pada pra siklus, rata-rata siswa adalah 66.78. hasil tes pada siklus I adalah 72.78. hasil rata-rata pada siklus II adalah 84.19. peningkatan dari pra siklus hingga siklus II adalah 17.4 dan 75% dari siswa memperoleh lebih dari 77 sebagai standar nilai. Berdasarkan hasil diatas, peneliyi menyimpulkan bahwa strategi Writing in the Here and Now adalah satu dari strategi baik di pembelajaran menulis terutama menulis sebuah recount teks yang dipergunakan di sekolah menengah atas. Strategi ini dapat meningkatkan motivasi siswa dan keterampilan menulis mereka. Peneliti menyarankan guru bahasa Inggris untuk menggunakan strategi Writing in the Here and Now sebagai sebuah alternative mengajar menulis untuk sekolah menengah atas.
157-UN57.4.1-2016 | INGGRIS PUS U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain