Text
USING PARAPHRASE TECHNIQUE TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT READING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF MA AL-IMAN KOTA MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Membaca adalah salah satu keahlian yang wajib d kuasai oleh murid SMA. Bagaimanapun, kelas 11 MA AL-IMAN kota magelang masih menemukan kesulitan dalam pembelajaran reading, khususnya dalam narrative text. Itu terbukti dari hasil nilai dalam reading 23 siswa adalah 58.47. Skor ini belum mencapai target minimal atau KKM yaitu 75. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut. Penulis mengadakan penelitian untuk mengatasi masalah dengan cara menerapkan Paraphrase technique. Penelitian ini memiliki 2 tujuan. Tujuanya adalah untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Paraphrase dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam membaca teks narativ dan untuk mngetahui seberapa besar peningkatan kemampuan siswa yang diajar menggunakan Paraphrase technique dalam teks narrative kelas 11 MA AL-IMAN Kota Magelang tahun 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam pelaksanaanya, PTK dibagi menjadi tiga siklus yaitu Pra-siklus, Siklus I, Siklus II. Siswa siswi kelas 11 MA AL-IMAN Kota Magelang adalah subjek dari penelitian ini. Sedangkan strategi yang digunakan untuk memperoleh data adalah Tes dan Non Tes. Penulis menganalisis data dari tiap siklus menggunakan formula fowler dan analisa diskripsi. Berdasarkan hasil observasi dan questionari penulis, dalam pra-siklus, murid-murid memiliki motivasi yang sangat rendah dalam membaca di kelas. Siklus 1 menampilkan bahwa murid-murid memiliki motivasi yang rendah dalam proses pembelajaran. Sementara dalam siklus 2, mereka termotivasi dan tertarik dalam penggunaan teknik Paraphrase yang mana membuat mereka lebih mudah untuk memahami isi dari teks. Selain itu, Pra-siklus skor rata-ratanya adalah 58.47 poin yang mana termasuk dalam kategori sedang. Kemudian Siklus 1 skor rata-ratanya adalah 68.47 poin yang mana termasuk dalam kategori baik. Dan siklus 2 skor rata-ratanya adalah 80.21 poin yang mana termasuk dalam kategori sangat baik. Peningkatan dari pra siklus ke siklus 1 adalah 10 poin, siklus 1 ke siklus 2 adalah 11.74 dan total peningkatan dari pra-siklus ke siklus 2 adalah 21.74 poin. Berdasarkan penjelasan diatas, penulis menyimpulkan bahwa Paraphrase technique dapat meningkatkan motivasi dalam pembelajaran narativ teks. Begitu besar peningkatan siswa siswi kelas 11 MA AL-IMAN Kota Magelang dalam keahlian membaca teks narrative tahun 2015/2016.
163-UN57.4.1.1-2016 | INGGRIS AMA U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain