Text
USING REFLECTIVE DIEP TECHNIQUE TO IMPROVE THE RECOUNT TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu keterampilan penting dari bahasa Inggris. Namun, kemampuan menulis siswa, khususnya siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Muntilan tidak memuaskan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil skor rata-rata tes menulis yang hanya 70. Skor ini tidak mencapai criterium prestasi minimal 75. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah teknik mengajar yang monoton yang membuat siswa memiliki motivasi rendah dan tidak tertarik dalam
mempelajari bahasa Inggris. Ada dua tujuan dari penelitian ini: Pertama, untuk mengetahui apakah Reflektif Diep (Jelaskan, Interpret, Evaluasi, dan Rencana) teknik dapat meningkatkan siswa motivasi belajar menulis teks recount dan kedua, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis teks recount menggunakan teknik reflektif Diep adalah. Penulis mengambil X 5 dari SMA Muhammadiyah 1 Muntilan sebagai setting penelitian dengan jumlah siswa 31. penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap; pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan non-tes teknik. Kemudian penulis menggunakan persentase skor pada setiap siklus untuk menganalisis data yang diperoleh. Berdasarkan pengamatan, terlihat bahwa terjadi perubahan perilaku siswa setelah penulis mengajar kelas menulis menggunakan Reflective Diep (menjelaskan, menafsirkan, mengevaluasi, dan rencana) teknik. Pada pertama kalinya dalam tes siklus pra, skor rata-rata siswa adalah 60,45 dan setelah mereka diajarkan menggunakan Reflective Diep (Jelaskan, Interpret, Evaluasi, dan Rencana) teknik dalam siklus I adalah 70,83 atau meningkatkan 10,38%. Skor rata-rata pada siklus II menjadi 82,32 atau meningkat 11,49%. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa Reflektif Diep (Jelaskan, Interpret, Evaluasi, dan Rencana) teknik dapat meningkatkan menulis recount teks motivasi belajar dan ada peningkatan yang besar dari keterampilan menulis recount text dari siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Muntilan pada tahun ajaran 2015/2016. Oleh karena itu, penulis menyarankan guru dan siswa bahasa Inggris untuk menggunakan Reflektif Diep (Jelaskan, Interpret, Evaluasi, dan Rencana) teknik sebagai teknik pengajaran alternatif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa
pada teks recount. Kata kunci: Menulis, Teknik Reflektif DIEP, Kemampuan Menulis- Teks Recount.
171- UN57.4.1-2016 | INGGRIS JAN U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain