Text
USING LIST EXAMINE SELECT SENTENCE EXPAND AND READ (LESSER) TECHNIQUE TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMAN 4 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu keterampilan bahasa inggris yang sulit untuk dikuasi. Siswa kelas X SMAN 4 Magelang masih menemukan kesulitan dalam menulis, khususnya menulis teks deskriptif. Rata-rata nilai siswa adalah 67.13, di bawah
standar minimal 76. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pencapaian siswa. Satu diantaranya adalah siswa memiliki kesulitan dalam mengembangkan ide. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut
dengan mengunakan teknik LESSER. Ada dua tujuan penting dalam penelitian ini: pertama, untuk mengetahui apakah penggunaan teknik LESSER dapat meningkatkan motivasi belajar kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas X SMAN 4 Magelang pada tahun ajaran 2015/2016. Kedua, untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas X SMAN 4 Magelang pada tahun ajaran 2015/2016 yang diajarkan menggunakan teknik LESSER. Peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dibagi menjadi tiga tahap, pra-siklus, siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMAN 4 Magelang pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 28 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 16 perempuan. Penulis mengunakan instrumen penilaian tes dan non-tes untuk mengumpulkan data. Untuk menganalis data penulis mengunakan pengukuran data qualitative dan quantitative. Penulis menemukan bahwa teknik LESSER dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pertama, dalam pra-siklus, siswa hanya bisa mencapai 66.71 tetapi meningkat pada siklus I setelah penulis menggunakan teknik LESSER dalam proses belajar mengajar. Nilai rata-rata siswa mencapai 72.64. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa adalah 80.43. Total peningkatan dari pra-siklus hingga siklus II mencapai poin 13.72. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa teknik LESSER adalah salah satu teknik pengajaran menulis yang baik diterapkan di SMA. Guru dapat meningkatkan proses belajar mengajar, semakin banyak siswa yang meningkat motivasi belajar dan keterampilan menulis, akhirnya skor mereka akan lebih tinggi dan lebih memuaskan. Penulis menyarankan guru bahasa Inggris untuk menggunakan teknik LESSER sebagai salah satu teknik dalam pengajaran menulis untuk SMA dan menyarankan siswa untuk mengunakan teknik ini dalam menulis.
173- UN57.4.1-2016 | INGGRIS PRA U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain